Satgas Covid-19 Tabalong: Jangan Takut Periksakan Diri Jika Ada Gejala Covid-19

TABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong mengoptimalkan peran puskesmas untuk mengidentifikasi kasus penularan covid-19 di tengah masyarakat. Tenaga kesehatan di setiap puskesmas di Tabalong, diminta membantu masyarakat untuk mengenali gejala covid-19 agar dapat ditangani sedini mungkin.

Gejala dari covid-19 saat ini beragam, yang dibagi menjadi tiga jenis. Pertama gejala umum yang meliputi demam, batuk kering, dan kelelahan. Kedua gejala tidak umum seperti nyeri tenggorokan, diare, mata merah, sakit kepala, hilangnya indra perasa atau penciuman, ruam pada kulit atau perubahan warna pada jari tangan atau kaki. Dan ketiga gejala serius seperti, kesulitan bernafas atau sesak nafas, nyeri dada atau rasa tertekan pada dada, serta hilangnya kemampuan berbicara atau bergerak.

Jubir satgas penanganan covid-19 Tabalong, dokter Taufiqurrahman Hamdie menjelaskan, penanganan yang tepat akan mempermudah pemetaan status terkonfirmasi positif di tabalong. Dirinya menghimbau agar masyarakat dapat mengenali gejalan covid-19 sehingga dapat di atasi sejak dini.

Kita nih semakin kawa menjaring orang yang terpapar semakin bisa melakukan tindak lanjut untuk memutus mata rantai penularan jadi kalo pasien yang merasa bergejala kearah covid, sebaiknya secepatnya konsultasi ke fasilitas pelayanan terdekat baik itu ke puskesmas maupun ke rumah sakit covid center, sehingga nanti petugas bisa mengarahkan. Apakah dia melakukan tindak lanjut berupa pemeriksaan terkait dengan covid baik itu PCR maupun rapid antigen.” Kata Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, dr. Taufiqurrahman Hamdie.

Terkait rapid antigen Swab atau PCR, dokter taufik juga menyampaikan saat ini pemeriksaan tersebut digratiskan bagi mereka yang terindikasi kuat terpapar covid-19, karena segala perawatannya dapat tercover dalam BPJS. Namun pemeriksaan rapid antigen bagi mereka yang tidak ada gejala atau bahkan sehat, akan tetap diarahkan melakukan pembayaran mandiri. (Gazali Rahman).

Next Post

DPRD Tabalong Sahkan Raperda Pertanggungjawaban APBD Tabalong 2020

Kam Jul 29 , 2021
TABALONG – Tujuh fraksi di DPRD Tabalong menyampaikan pandangan akhirnya, dan sepakat mengesahkan raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan apbd tahun anggaran 2020, menjadi perda. Pengesahan perda ini dilakukan dalam rapat paripurna dprd tabalong ke-14 masa sidang dua tahun 2021, pada selasa 26 Juli 2021.  “Alhamdulillah semua fraksi menyetujui, namun beberapa catatan […]