Sasar Konsumen Luar Daerah, Pasar Hewan Jaro Akan Diaktifkan Kembali

TABALONG – Dinas Pertanian Tabalong berencana mengaktifkan kembali pasar hewan di Desa Jaro Kecamatan Jaro. Hal ini dibahas dalam rapat koordinasi yang dilakukan distan bersama Perumda Tabalong Jaya Persada, Camat Jaro, serta penjual sapi dan tukang jagal.

Rencana pengaktifan kembali pasar hewan jaro dilakukan agar fasilitas yang sudah diberikan oleh pemkab tabalong dapat dimanfaatkan kembali. Selain itu, diharapkan juga dapat menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar serta para peternak yang ada di Tabalong.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian Tabalong, syam’ani menjelaskan melalui rapat ini semua pihak telahs epakat, agar Pasar Hewan Jaro tidak hanya menyasar Tabalong, namun juga Kabupaten lainnya.

“Alhamdulillah tadi sudah ada kesepakatan semua mendukung untuk mengaktifkan kembali pasar hewan Jaro ini disepakati juga hari pasarnya 1 kali dalam seminggu ditentukan harinya hari Sabtu Nah untuk jangka pendek nanti sapi-sapi akan didatangkan oleh para pedagang yang ada di wilayah kabupaten Tabalong ini dengan sasaran Konsumen tidak hanya di daerah kabupaten Tabalong tetapi juga di Kabupaten tetangga seperti Balangan, Hulu sungai Tengah, hulu Sungai Utara, Barito timur, Barito Utara, kemudian paser, Grogot, termasuk juga Penajam Paser Utara” Kata Syam’ani , Plt Kepala Dinas Pertanian Tabalong.

Pihak Kecamatan Jaro menyampaikan dukungannya terhadap rencana pengaktifan kembali pasar hewan jaro. Camat jar suwandi menjelaskan pihaknya akan melakukan terobosan terbaru dalam meningkatkan jumlah ternak sapi di Tabalong.

“Langkah-langkah yang harus dilakukan terkait masalah beberapa poin penting, satu adalah memang populasi di terkait masalah hewan itu sendiri adalah kurang. jadi ada beberapa terobosan-terobosan yang harus kita lakukan nanti- sinkronisasi dan kolaborasinya juga nantinya para pelaku usaha sapi  itu akan siap untuk membawa sapinya dulu disini baru dijadikan transaksi yang itu dimulai nantinya dengan pola-pola dengan keswadayaan dulu, nah nanti setelah itu  perkembangannya nanti baru kita lakukan dengan langkah-langkah yang lebih intens lagi” Kata Suwandi, Camat Jaro.

Untuk saat ini, populasi sapi di Tabalong masih berkisar kurang lebih 4000 ekor. Jumlah tersebut masih kurang untuk memenuhi kebutuhan lokal. Sehingga dinas pertanian akan terus mengupayakan agar kebutuhan sapi dapat tercukupi dengan baik. (Maria Ulfah).

Next Post

Diskominfo Banjar Pelajari Pengelolaan & Pemberitaan TV Tabalong

Sen Sep 27 , 2021
TABALONG – Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tabalong, menyambut kunjungan kerja yang dilakukan Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, pada 24 September 2021. Kunjungan kerja ini dilakukan untuk bertukar pikiran dan pengembangan wawasan bagi Diskominfo Banjar, khususnya dalam hal menciptakan pemberitaan yang berkualitas. Dalam kesempatan ini Kepala Diskominfotik Tabalong, […]