Sambut Hari Rabies Sedunia, Distan Tabalong Gelar Vaksinasi Rabies Gratis Bagi Hewan Peliharaan

TABALONG – Dinas Pertanian Tabalong menyelenggarakan vaksinasi rabies gratis di Puskeswan Mabuun pada 23 September 2021. Pemberian vaksin rabies gratis ini dalam rangka menyambut hari rabies sedunia yang jatuh setiap tanggal 28 September.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Dokter Suwandi mengatakan,kegiatan ini akan terus rutin dilakukan, sebagai upaya pemberantasan hewan rabies di tabalong. Sehingga masyarakat dapat hidup berdampingan dengan nyaman bersama hewan peliharaannya.

“nah kegiatan ini akan rutin kita laksanakan, mengingat kepada masyarakat bahwa pentingnya bahwa hewan itu bisa menularkan penyakit kepada manusia dengan kita melakukan vaksinasi kita berupaya dari dinas pertanian Tabalong untuk menghilangkan rabies di bumi saraba kawa ini agar masyarakat bisa berdampingan dengan hewan dengan mencintai hewan jadi tidak ada nanti kasus kasus rabies di wilayah kita” Kata Dokter Suwandi,Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tabalong.

Selain penyelenggaraan vaksinasi rabies gratis, Dinas Pertanian juga menyelenggarakan sosialisasi terkait rabies kepada para pelajar. Kepala UPT Puskeswan Mabuun, Rahmani Nirmala mengatakan, para pelajar diberikan edukasi sebaik mungkin terkait penyakit rabies hingga penanggulangannya.

“Karena mereka ini kan apa ya untuk mereka ini nantinya kan sebagai anak-anak yang yang untuk masa depannya itu biar tahu lah apa itu rabies bagaimana dampaknya, efeknya dan bagaimana cara memelihara kalau mempunyai hewan peliharaannya harus bagaimana jadi hewan kesayangan agar tahu supaya tidak menimbulkan penyakit di antara mereka, keluarga kena cakaran atau gigitannya” Kata Rahmani Nirmala, Kepala UPT Puskeswan Mabu’un.

Rahmani nirmala juga berharap, para pelajar yang sudah diberikan edukasi terkait rabies, dapat pro aktif dalam menyebar informasi kepada orang sekitar, baik secara langsung atau memanfaatkan social media mereka. (Maria Ulfah).

Next Post

Disdukcapil Tabalong Rencanakan Pasang Mesin ADM di Utara & Selatan Tabalong

Sel Sep 28 , 2021
TABALONG – Sejak beroperasi hampir dua bulan, mesin anjungan dukcapil mandiri yang dioperasikan di Mal Pelayanan Publik Tabalong, banyak dimanfaatkan warga yang mengurus administrasi kependudukan. Dari hasil monitoring disdukcapil tabalong, setiap harinya selalu ada masyarakat yang memanfaatkan fasilitas mesin ADM ini, baik untuk mencetak e-KTP, kartu keluarga dan dokumen lainnya. […]