RSUD HBK Jadi Prioritas Pasien Covid-19 Gejala Sedang – Berat, Ini Langkah Pemkab Tabalong…

TABALONG – Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, memberikan wewenang pada satgas penanganan covid-19 di tingkat kecamatan, untuk menentukan tempat perawatan warganya yang terkonfirmasi positif covid-19. Hal ini disampaikan Bupati Anang, dalam rapat virtual terkait PPKM level tiga pada Rabu 28 Juli 2021.

Kewenangan satgas kecamatan yang dimaksud adalah, pihaknya berhak menentukan perawatan warganya yang terkonfirmasi positif untuk melakukan isolasi mandiri atau mendapat perawatan di rumah sakit. Tentunya kewenangan ini disesuaikan dengan tingkat gejala pasien, karena satgas kecamatan juga terdiri dari tenaga medis puskesmas setempat.

 “Satgas kecamatan diberikan kewenangan untuk menentukan apakah pasien ini diarahkan ke covid center rumah sakit umum daerah haji usman dundrung, atau isolasi mandiri, atau ke rumah sakit umum daerah haji badaruddin kasim.” Kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Hal ini dilakukan dalam rangka menekan angka bor, atau ketersediaan tempat tidur bagi pasien covid-19 di rumah sakit. Pasalnya perawatan pasien covid-19 di rumah sakit, khususnya di RSUD Haji Badaruddin Kasim, diprioritaskan bagi pasien bergejala berat dengan saturasi oksigen dibawah 90 persen, dan pasien dengan komorbit. Sedangkan pasien dengan saturasi oksigen berkisar 90 sampai 93 persen, dirawat di rsud haji usman dundrung.

Kemudian sebagai langkah antisipasi membludaknya pasien isolasi mandiri, bupati anang menginginkan adanya lokasi isolasi mandiri terpusat, mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, hingga desa. (Alfi Syahrin).

Next Post

Bupati Anang Minta Warga Tabalong Diperantauan Jaga Kesehatan

Sen Agu 2 , 2021
TABALONG – Angka positif covid-19 Kabupaten Tabalong yang meningkat signifikan dalam beberapa waktu terakhir. Hingga 27 Juli 2021, tercatat 127 pasien terkonfirmasi positif dalam perawatan. Namun 55 orang diantaranya merupakan warga tabalong yang berdomisili diluar daerah. Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani meminta, agar warga Tabalong di perantauan tersebut dapat menjaga kesehatan […]