Rowi Jelaskan Dampak Buruk Karhutla Bagi Kehidupan

TVTABALONG – Kebakaran hutan dan lahan menimbulkan banyak dampak buruk bagi kehidupan. Selain manusia, tumbuhan dan hewan merupakan yang terdampak langsung karhutla. Sehingga bencana tersebut mengancam keberlangsungan lingkungan hidup.

Seperti yang dijelaskan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Rowi Rawatianice, Karhutla mengakibatkan banyak masalah bagi ekosistem. Salah satu yang terkena dampak langsungnya adalah lingkungan.

Rowi menjelaskan, Karhutla menghanguskan hutan yang merupakan tempat tinggal berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Padahal menurut Rowi, isi hutan merupakan kebutuhan manusia. Baik sebagai penyuplai oksigen, sumber sandang dan pangan.

 “ketika terjadi kebakaran hutan, lagi-lagi masalah asap, ketika asap mengganggu pencahayaan matahari. Kita tahu tanaman membutuhkan sinar matahari  untuk menghasilkan oksigen. Ketika itu tidak berjalan dengan baik, otomatis oksigen juga terganggu, sementara kita membutuhkan oksigen. Itu yang pertama” jelasnya

“kemudian, ketika karhutla terjadi, otomatis banyak vegetasi yang akan musnah. Apakah itu yang menjadi endemiknya Tabalong misalnya, ketika itu musnah, kita akan sulit sekali mendapatkan tanaman itu kembali”lanjut Rowi

 “kemudian, lahan menjadi gersang dan ketika musim hujan bisa terjadi erosi”

Karena buruknya dampak karhutla terhadap lingkungan, Rowi berharap masyarakat bersama-sama mencegah karhutla.

Normansyah

Tinggalkan Balasan

Next Post

Karhutla, Apa Dampaknya?

Sel Okt 1 , 2019
Featured Video Play Icon