Ribuan Bibit Itik Petelur Dikembangkan Kelompok Tani Jangkung

TABALONG – Ketua Kelompok Tani Bintang Mulya Desa Jangkung, menerima bantuan 1200 ekor itik petelur dari Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong. Bantuan itik ini sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan perekonomian Tabalong dan petani, melalui bidang peternakan.

Dari 1200 ekor itik yang diberikan, terdiri dari itik alabio dan itik mojosari. Kelompok tani yang beranggotakan 14 orang ini, masing-masing mendapat sekitar 80 hingga 85 ekor itik untuk diternakan.

Keberhasilan poktan di daerah lain, menjadi salah satu motivasi yang membuat poktan bintang mulya jangkung ingin ikut beternak itik petelur. Sekretaris poktan bintang mulya desa jangkung, taberani, mengatakan beternak itik petelur ini berpotensi besar dapat membantu perekonomian anggota kelompok taninya. Pasalnya potensi pasar telur itik di Tabalong masih dinilai besar.

 “motivasi kami dalam beternak itik yang pertama untuk membantu perekonomian anggota kelompok tani kami yang kedua karena potensi pasar yang besar di Kabupaten Tabalong.” Kata Taberani – Sekretaris Poktan Bintang Mulya Jangkung.

Ia juga menambahkan, untuk itik jenis petelur manfaatnya sudah bisa dirasakan setelah itik berusia 6 bulan. Dalam usia ini itik petelur sudah mulai menghasilkan telur untuk dijual. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Kelompok Tani Hariang Budidayakan Itik Peking

Sen Sep 13 , 2021
TABALONG – Kelompok tani mau maju Desa Hariang, Kecamatan Banua Lawas, ingin meningkatkan peternakan itik yang mereka kelola, dengan membudidayakan itik jenis peking. Pasalnya saat ini kelompok tani ini telah berhasil membudidayakan itik petelur. Sebagai tahap percobaan, poktan mau maju menerima bantuan dari Dinas Pertanian sebanyak 400 ekor anakan itik […]