Renovasi RSUD Tanjung Lama Rampung Akhir April, 20 Tempat Tidur Disiapkan Untuk Pasien Covid-19

Tabalong – Pemerintah Kabupaten Tabalong mulai merenovasi bangunan ex RSUD Haji Badaruddin Tanjung, pada 20 april 2020, untuk dijadikan sebagai rumah sakit khusus menangani pasien covid-19. Hal ini menyusul bertambahnya pasien positif covid-19 Tabalong, menjadi 5 orang.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, didampingi wakilnya Mawardi dan Dandim 1008 Tanjung serta Kaporles Tabalong, meninjau renovasi bangunan rumah sakit. Bupati Anang menjelaskan, rumah sakit khusus covid-19 ini untuk mencegah penularan virus corona. Karena rumah sakit ini dipersiapkan untuk menangani  positif covid-19, serta karantina bagi pasien ODP, OTG, dan PDP.

Untuk memastikan pengamanan, bupati Anang menjelaskan rumah sakit khusus ini akan dijaga 3 lapis. Yakni penjagaan dari tim kesehatan, tim gugus tugas covid-19 Tabalong, serta dari unsur TNI dan Polri.

“Penjagaan di sini ada tiga lapis yaa, yang pertama dijaga oleh teman-teman kesehatan,ini ring 1. Ring ke 2 nanti gugus tugas, dan ring 3 terakhir ada dari TNI dan POLRI. Nah saya berharap supaya tempat ini tidak menjadi pusat perhatian, biasanyakan kita di masyarakat ini kalau ada yang hal-hal seperti ini, lalu orang masyarakat sekitar sini mau tau siapa yang positive.” ujar Anang.

Dinas PUPR Tabalong, yang ditugaskan merenovasi bangunan mengejar pekerjaan. Kepala Dinas PUPR Tabalong, Muhammad Noor Rifani menjelaskan, kepala daerah mengharapkan agar pekerjaan renovasi selesai pada akhir april 2020, sehingga dapat segera digunakan untuk menangani pasien.

“Kami berusaha semaksimal mungkin yaa, ini pun juga sudah banyak pekerja di sini, kita memang harapan pemerintah di akhir bulan ini selesai rehap ini. Tapi yaa mudah-mudahanlah kita mencoba untuk menyelesaikan seperti yang diharapkan” kata Noor Rifani.

Renovasi dilakukan di sejumlah ruangan seperti Super VIP, VIP, dan ruang anak, yang berkapasitas 20 tempat tidur.  Untuk sementara, pemerintah menggunakan ruangan ex-hemodialisa atau ruang cuci darah sebanyak 6 ruangan, untuk mengarantina pasien. (Maimun)

Next Post

RSUD Tanjung Dijadikan Pusat Penanganan Covid-19, Anang Minta Warga Sekitar Tidak Khawatir

Kam Apr 23 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Pemerintah Kabupaten Tabalong telah menetapkan ex RSUD Haji Badaruddin Tanjung, difungsikan kembali sebagai rumah sakit khusus penannganan pasien covid-19 di Tabalong. RS juga digunakan untuk mengkarantina ODP, OTG, serta pasien dalam pengawasan. Bupati Tabalong Anang […]
error: