Ratusan Warga Binaan Rutan Tanjung Terima Suntikan Vaksin

TABALONG – Rumah tahanan negara kelas 2B Tanjung melaksanakan vaksinasi bagi warga binaan pemasyarakatan pada 1 September 2021. Vaksinasi ini bekerjasama dengan polres tabalong, Dinas Kesehatan dan Puskesmas Panaan.

Total warga binaan di rutan tanjung ini berjumlah 225 orang, namun pada vaksinasi tahap pertama ini rutan tanjung hanya mendapat jatah 140 dosis vaksin. Sehingga vaksin hanya diberikan pada warga binaan yang datanya terverifikasi langsung oleh pihak rutan.

Kepala Rutan Tanjung, Rommy Waskita Pambudi, mengatakan, dari 140 warga binaan yang terdata dalam vaksinasi ini, beberapa orang yang belum dapat divaksin karena tak lolos screening kesehatan. Guna terpenuhinya vaksinasi tersebut, pihak rutan mengganti warga binaan yang tidak dapat divaksin tersebut dengan warga binaan lainnya yang datanya sudah terverifikasi dan memiliki nomor induk kependudukan yang valid.

“jadi bagi yang sudah terdata kemudian karena hasil tidak dapat dilakukan vaksinasi itu nanti akan kita gantikan dengan tahanan dan narapidana lain yang sudah mempunyai nik itu akan kita gantikan bagi yang belum bisa divaksin hari ini sehingga kuota 140 itu terpenuhi” Kata Rommy Waskita Pambudi, Kepala Rutan Kelas 2B Tanjung.

Salah seorang warga binaan peserta vaksin, irwan wahyudi, mengaku senang bisa divaksin. Ia juga merasa bersyukur lolos screening karena kondisi tubuhnya dalam keadaan sehat.

“Pertama kita menjalani sesuai registrasi pendaftaran apa segala macam, terus perasaannya ya biasa ngga ada gejala, ngga ada riwayat penyakit Alhamdulillah sudah merasa terbantu divaskin begini mas” — “ya kita seperti biasa makan pagi, sarapan, malam tetap istirahat yang cukup untuk persiapan vaksin” — ” kesehatan aman, karena kita setelah diperiksa darah normal, terus suhu tubuh normal selama ini Alhamdulillah tidak ada penyakit bawaan” Kata Irwan Wahyudi, Tahanan Rutan Kelas 2B Tanjung.

Setelah pemberian vaksin ini diharapkan para tahanan dan narapidana tercegah dari paparan covid-19. Selain vaksinasi, upacara mencegah penyebaran covid-19 di rutan tanjung juga dilakukan dengan menerapkan budaya hidup sehat, seperti melakukan senam, olahraga, dan melakukan penyemprotan di lingkungan rutan Tanjung. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Melon Varietas Gracia Berhasil Dikembangkan BPP Bintang Ara

Sel Sep 7 , 2021
TABALONG – Wakil bupati tabalong bersama jajaran Dinas Pertanian, memanen melon di lahan terapan seluas 5 borong milik BPP Bintang Ara pasal 31 Agustus 2021. Budidaya melon disini tergolong berhasil, karena sebelumnya BPP Bintang Ara pernah mencoba membudidayakan melon, namun gagal akibat serangan hama dan iklim. Pada budidaya kali ini […]