Ratusan Rumah di Haruai Terendam Banjir

TABALONG – Banjir dengan ketinggian 60 hingga 150 centimeter menggenangi sekitar 143 buah rumah warga yang ada di Desa Halong dan Desa Nawin.

Dampak banjir terparah berada di Desa Halong yang menyebabkan 98 buah rumah yang tersebar di rt 1 dan RT 2 terendam .

Banjir turut menyebabkan putusnya jalan penghubung Kecamatan Haruai dan kecamatan Muara Uya via Desa Halong dan Desa Nawin .

Kasi kedaruratan dan kesiapsiagaan logistik BPBD Tabalong, yang ditemui usai meninjau banjir sekaligus menyerahkan bantuan pelampung dan perahu karet mengungkapkan . Banjir ini disebabkan tingginya curah hujan dalam beberapa waktu terakhir yang berakibat meluapnya sungai Tabalong di sejumlah titik.

“Untuk sementara prediksi kita, karena dari BMKG kita dalam beberapa hari ini ada peningkatan curah hujan, jadi kita selalu waspada dalam situasi banjir ini” Kata Jayusno, Kasi Kedaruratan Dan Kesiapsiagaan Logistik BPBD Tabalong.

Sementara itu , Camat Haruai , Handi Yanuardi, mengatakan , pihaknya telah menetapkan status siaga banjir untuk desa terdampak banjir dan pihaknya bersama relawan telah menyiapkan sejumlah skenario untuk mitigasi bencana banjir , mulai dari posko , jalur evakuasi hingga tempat evakuasi .

“kita melihat kondisi, kalau nya memang itu sudah mengganggu aktivitas warga, khususnya aktivitas untuk memenuhi kebutuhan pokok warga, kita akan bangun posko, sementara posko kita ada di pos rt sama di pos upbs, jadi untuk sementara aktivitas warga normal, namun kita juga sudah menyiapkan dan sudah melakukan mitigasi bencana dari tahun kemarin, sudah membuat jalur evakuasi, tempat evakuasi sudah kita siapkan semuanya, jadi ketika kondisi seperti ini kami tetap berusaha tenang, karena semuanya sudah kami siapkan, jadi langkah langkah yang kami akan ambil sudah kami siapkan semuanya” Kata Handi Yanuardi, Camat Haruai.

Sementara itu , sejak minggu 28 November 2021, banjir turut terjadi di sejumlah desa di wilayah Kecamatan Haruai. Seperti Desa Marindi , Desa Wirang dan Desa Bongkang. (Muhammad Ariadi).

Next Post

TABALONG MASUK NOMINASI 12 KABUPATEN TERBAIK DI IGA 2021

Sel Nov 30 , 2021
TABALONG – Kabupaten Tabalong masuk kedalam 12 besar kabupaten terbaik pada Innovative Government Award yang digelar Kementerian Dalam Negeri. Oleh karena itu, Bupati Tabalong bersama sejumlah SKPD melakukan presentasi inovasi yang dilaksanakan, di hadapan pihak Kementerian Dalam Negeri, pada 24 November 2021 di Jakarta. Dalam presentasinya Bupati Anang menyampaikan inovasi […]