Raperda Baru, 7 Item Retribusi UPT Balai PKB Berubah

Tabalong – Dalam rancangan perda terdapat tujuh item retribusi di UPT Balai PKB yang berubah, hal ini tertuang di dalam raperda mengenai perubahan atas perda tabalong nomor delapan tahun 2010, tentang retribusi pengujian kendaraan bermotor. Perubahan ini telah disepakat pihak eksekutif maupun legislatif Tabalong mellaui rapat kerja yang digelar 14 april 2020.

Ketujuh item retribusi tersebut yaitu mengenai pendaftaran kendaraan bermotor wajib uji, penggantian bukti lulus uji, atau kartu uji, denda karena keterlambatan perpanjangan masa berlaku uji, rekomendasi numpang uji, pemeriksaan mekanis, perubahan data kendaraan, dan terakhir mutasi uji.

“Raperda ini adalah pemeriksaan mekanis. Kalo yang dulu itu per item, yang dulu ada uji emisi, setelah berjalannya kami pelaksanaan tugas bahwa kendaraan yang datang yang non wajib uji itu mereka tidak hanya uji emisi ternyata. Bisa uji rem, bisa uji lampu.” Kata Djatmiko.

Meski terdapat perubahan pada 7 item retribusi, namun pihak legislatif dan eksekutif sepakat tidak mengubah tarif retribusi kendaraan. Tarif retribusi pengujian kendaraan bermotor sesuai dengan perbup nomor 32 tahun 2019, yang sudah diterapkan sejak november tahun lalu. Baik bagi kendaraan penumpang roda tiga, hingga kendaraan gandeng.

“Pengujian ini memberikan jaminan keselamatan di jalan raya. Tapi karena seiring dengan ini, kita harus meningkatkan PAD di daerah, maka oleh itu maka dilakukanlah revisi uji kendaraan bermotor. Mudah-mudahan ini tidak hanya memberikan pelayanan, tapi juga bagian dari yang akan menghasilkan PAD. Terkait masalah besarannya nanti pak itu disesuaikan dengan Perbup, jadi dia tidak mengutak-atik lagi Perda. Jadi kita efisien, efisien dalam waktu dan efisiensi dalam anggaran.”  Jelas Sumiati.

Ketua Komisi Dua DPRD Tabalong, Sumiati, mengungkapkan pembahasan raperda retribusi PKB sudah mencapai tahap akhir. Sehingga tinggal menunggu hasil penetapan dari bagian hukum setda Kabupaten Tabalong. (Alfi)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Ketua NU & Muhammadiyah Tabalong Minta Masyarakat Ikuti Himbauan MUI Terkait Sholat Jum’at

Jum Apr 17 , 2020
Tabalong – Sejak 13 April 2020, Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Tabalong telah mengimbau masyarakat secara terbuka, untuk mengganti shalat jumat dengan shalat zuhur di rumah masing-masing. Hal ini pun mendapat tanggapan positif dari pengurus Nahdlatul Ulama Kabupaten Tabalong maupun Pengurus Muhummadiyah Tabalong. Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Tabalong Haji […]