Rapat Kerja Dengan PT BPR, Komisi 2 DPRD Tabalong Apresiasi Realisasi Program Kredit Gerbang Emas

Tabalong – Komisi Dua DPRD Tabalong mengevaluasi kinerja dan capaian realisasi penyertaan, yang telah diberikan pemerintah daerah kepada BPR Tabalong Bersinar, sebesar 5 milyar pada tahun 2019 lalu untuk program kredit gerbang emas. Evaluasi dilakukan saat rapat kerja Komisi Dua DPRD Tabalong bersama Ketiga BPR Tabalong Bersinar Haruai, Kelua, dan Muara Uya, pada 16 April 2020.

Sebelumnya penyertaan modal dibagikan kepada 3 BPR tersebut, dengan besaran 1,6 milyar untuk BPR Muara Uya, 1,6 milyar untuk BPR Kelua, dan 1,8 milyar untuk BPR Haruai, untuk mendukung program kredit gerbang emas dengan bunga 0%. Sedangkan capain serapannya sekitar 80 persen untuk BPR Muara Uya, 40 persen BPR kelua, dan sekitar 90 persen untuk BPR Haruai.

Direktur Operasional BPR Tabalong Bersinar, Suhardi, menjelaskan, kredit gerbang emas yang disalurkan BPR, serapannya didominasi oleh sektor perdagangan, dan terendah dari sektor koperasi.

“kemudian dari sektor-sektor itu hampir seluruhnya perdagangan lebih dominan, kemudian sektor pertanian itu sekitar 8%, sektor peternakan 2% dan koperasi 0 koma sekian persen mungkin serapannya lebih rendah karena terkait dengan pola angsuran mungkin barang kali nanti secara bersama-sama perlu dibahas” kata Suhardi.

Menyikapi realisasi tersebut, Ketua Komisi 2 DPRD Tabalong, Sumiati menilai capaian tersebut sudah sesuai dengan keinginan pemerintah daerah. Ia juga menilai, hingga saat ini masih banyak keinginan masyarakat untuk bisa mendapat program gerbang emas, sehingga program ini perlu dilanjutkan.

“alhamdulillah dariapa yang disampaikan mereka baik evaluasi pertanggungjawabannya alhamdulillah sudah memenuhi kriteria dan bahkan masih banyak keinginan masyarkat agar program gerbang emas ini bisa ditambah lagi, karena mana karena keterbatasan modal yang ada di BPR hingga mereka tidak dapat memenuhi keinginan nasabah secara keseluruhan” Ujar Sumiati.

Melihat capaian realisasi penyertaan modal untuk program gerbang emas dianggap berhasil.  Maka komisi 2 DPRD Tabalong berencana akan kembali bekersama dengan pemerintah daerah untuk menambah penyertaan modal di tahun 2020. (Sherly)

Next Post

Kredit Gerbang Emas Dianggap Berhasil, DPRD Tabalong Akan Tambah Modal Untuk BPR

Sel Apr 21 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Komisi Dua DPRD Tabalong bersama pemerintah daerah kembali berencana menambahkan penyertaan modal ke PT Bank Perkreditan Rakyat Tabalong Bersinar, untuk program kredit gerbang emas tahun 2020. Hal ini dibahas dalam rapat kerja Komisi Dua DPRD […]
error: