Rapat Bersama Komisi I DPRD, Dinkes Sepakat Aktifkan Puskesdes Kapar

Tabalong – Komisi I DPRD Tabalong bersama Dinas Kesehatan dan Puskemas Murung Pudak menyepakati akan mengoperasikan Puskesdes Kapar Kecamatan Murung Pudak. Kesepakatan didapati saat rapat kerja Komisi I DRPD Tabalong bersama Dinskes dan Puskemas Murung Pudak pada 7 Februari 2021.

Ketua Komisi I DPRD TABALONG, SUPRIANI menjelaskan, sebelumnya mereka banyak menerima permintaan dari masyarakat Desa Kapar untuk segera mengaktifkan Puskesdes yang ada di desa tersebut. Lantaran sejak dibangun, hingga saat ini pelayanan kesehatan tersebut belum berfungsi.

“Jadi beberapa minggu lalu kami kunjungan ke sana kondisinya memang Ya serba belum termanfaatkan Nah jadi tadi kami Panggil dinas kesehatan dan Puskesmas untuk menyinkronkan itu supaya bisa dimanfaatkan sesegeranya.” Kata Supriani, Ketua Komisi I DPRD Tabalong.

Saat ini operasional Puskesdes tersebut masih terkendala fasilitas air dan ketenagakerjaan. Namun pihak Puskemas Murung Pudak yang membawahi pelayanan kesehatan di lokasi tersebut, berkomitmen mengoperasikan puskesdes kapar.

“Kita sudah sepakat tindak lanjut ada dua hal, pertama kita lanjutin segera dan memang ada hal yang memang harus dianggarkan jangka panjang ya. Nah untuk yang segera Kepala Puskesmas Murung pudak segera mengaktifkan sesegera nya dalam Minggu ini dengan mengatasi beberapa masalah, hanya masalah air dan ketenagaan saja tidak masalah, tetapi untuk jangka panjang tetap harus ada Rehab ringan untuk  itu kan tadi ada mungkin memfungsikan kembali airnya, tapi tapi itu tidak menghalangi kita untuk mengaktifkan segera.” Kata Taufiqurrahman Hamdie, Kepala Dinas Kesehatan Tabalong.

Taufiqurrahman pun menambahkan, meski ada berbagai kendala, namun ia berharap agar proses pengaktifan ini berjalan dengan lancar. Sehingga masyarakat desa kapar dapat menerima langsung manfaat keberadaan puskesdes di desanya. (Maria Ulfah).

Next Post

Bupati Anang Ajak Warga Manfaatkan Keberadaan Ponpes Dan Rumah Tahfidz

Sel Feb 8 , 2022
Tabalong – Peresmian pondok Pesantren Syams Ummi Kaltsum, dan Rumah Tahfidz Hamalatul Qur-an yang bertempat di Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, ditandai dengan penandatangan prasasti dan pemotongan pita oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfani. Dalam sambutannya, Bupati Anang berharap, ponpes dan rumah Tahfidz ini dapat menjadi pusat kegiatan islam di wilayah Mabuun, […]