Rakor Evaluasi, Pendapatan Asli Daerah Tabalong Tahun 2020 Terelisasi 88,47%

TANJUNG TABALONG – Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kabupaten Tabalong, menggelar rapat koordinasi dengan Bupati Tabalong, Wakil Bupati Tabalong beserta SKPD teknis serta pemerintah Kecamatan, mengenai evaluasi pendapatan asli daerah tahun 2020, di wisma tamu bersinar pembataan, Senin (18/01).

Dalam rapat koordinasi ini, Kepala BPPRD Tabalong, Erwan Mardani, memaparkan realisasi pendapatan asli daerah tahun 2020, yang mencapai 88,47% atau 167 milyar dari target 188 milyar rupiah.

Pendapatan asli daerah bersumber dari pajak daerah yang dikelola oleh BPPRD dan Retribusi Daerah yang dikelola oleh SKPD teknis.

Erwan menambahkan, kurang maksimalnya perolehan pendapatan asli daerah kabupaten Tabalong tahun 2020,  dikarenakan pandemi covid 19.

Namun pihaknya meyakini di tahun 2021 ini, pemerintah daerah bisa memaksimalkan perolehan pendapatan asli daerah.

Idealnya pendapatan asli daerah 2020 itukan tercapai 100 persen, nah tetapi kita sejak bulan april memasuki suasana pandemic covid 19,  maka terkait dengan PAD kita di Tabalong ini hanya mencapai sekitar 88%, jadi itu angka yang maksimal, nah diantara nya ada yang sudah mencapai 100%,  namun ada juga yang baru mencapai 50% 60% bahkan ada yang dibawah 50% nah saya kira itu dinamika ya nah mudah-mudahan di tahun  2021 ini kawan-kawan di SKPD bisa memaksimalkan pendapatan asli daerah, ya mendekati 100% itu sudah lumayan.” Jelasnya.

Dari pendapatan asli daerah tahun 2020, terdapat sejumlah jenis pajak daerah serta retribusi daerah yang telah terealisasi diatas 90%. Diantaranya pajak restoran, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak mineral bukan logam dan batuan, dan pajak PBB P2.

Sedangkan untuk retribusi daerah, 10 jenis retribusi terealisasi melebihi 100 persen. (Sherly N.A)

Next Post

Komisi II DPRD Turut Mendukung Peresmian Gudang UPPB Karya Bersatu & Bantuan Alat Pertanian

Kam Jan 21 , 2021
HARUAI – Pemerintah Kabupaten Tabalong meresmikan gudang UPPB Karya Bersatu di Desa Wirang Kecamatan Haruai, Senin (18/01). Selain itu juga turut diserahkan bantuan alat pertanian kepada masyarakat berupa handtractor rotary, cultivator cakar baja, dan alat angkutan roda tiga,  yang dilakukan secara simbolis kepada para ketua kelompok tani, dan ketua UPPB. […]