Rakor Coklit Serentak, KPU Tabalong: Warga Yang Jalani Karantina Bisa Coklit Online

Tabalong – Komisi Pemilihan Umum Tabalong menggelar rapat koordinasi berasama petugas pemutakhiran data pemilih, PPDP, pada 15 Juli 2020. Rakor dilakukan menghadapi proses pencocokan dan penelitian yang akan dilakukan PPDP, untuk Pilkada Gubernur Kalsel Tahun 2020.

Dalam rapat kali ini KPUD Tabalong fokus menekankan pada keamanan PPDP dan warga yang dicocokan datanya, agar proses coklit berjalan aman terhindar dari paparan virus corona. Pasalnya dalam proses coklit petugas dan masyarakat akan berinteraksi langsung.

Dalam coklit kali ini, petugas diarahkan untuk langsung ke rumah pemilih. Selain untuk emndapat data yang valid, petugas juga dapat menerapkan protokol kesehatan dengan mudah dan tidak menimbulkan kerumunan. Petugas coklit diarahkan tidak memasuki rumah, namun coklit dilakukan di depan rumah dengan tetap menjaga jarak. Pemilih cukup menunjukkan kartu keluarga yang di data langsung oleh petugas.

Ketua KPU Tabalong, Ardiansyah menjelaskan, dalam koordinasi tahapan coklit ini pihaknya telah memberikan tips dan trik dalam menjalankan coklit di lapangan. Seperti halnya jika terdapat pasien positif, coklit bisa dilakukan secara daring, agar semua warga tabalong dapat memberikan hak pilihnya.

Dalam hal ini juga dasar pemikiran kami, agar dalam pelaksanaan coklit ini dimasa pandemi 2019 kawan kawan ppdp dilapangan untuk mengetahui dimana saja orang orang yang positif, baik itu sifatnya dalam perawatan, otg, maupun karantina mandiri, agar mereka bisa waspada lebih awal kemudian juga bisa melaksanakan coklit melalui daring.” Ardiansyah

Wakil Bupati Tabalong, Mawardi berharap semua PPDP yang menjalankan coklit di lapangan, agar selalu menerapkan protokol kesehatan, salah satunya dengan menggunakan masker.

“Kami berharap mereka selalu pakai masker, paling tidak pakai masker kalau tidak dibekali dengan face shield, ini adalah sebuah ikhtiar kita sebenarnya, agar penyebaran covid  itu tidak menyebar luas kemana mana.” Mawardi.

Koordinasi ini nantinya akan dilanjutkan dengan apel siaga pada 17 juli mendatang, sebagai arahan dalam pelaksanaan coklit dalam kondisi pandemi.

Next Post

15 Petugas Rutan Tanjung Jalani Rapid Test, Begini Hasilnya…

Sen Jul 27 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Rutan Kelas Dua B Tanjung bekerjasama dengan Puskesmas Hikun, melakukan rapid tes kepada petugas rutan. Karena keterbatasan alat, rapid tes hanya diberikan bagi 15 dari total 49 porang petugas yang ada di rutan. Sedangkan petugas […]
error: