Rakor Bersama Basarnas, Bupati Anang Harapkan Konsep Penanganan Bencana Yang Lebih Baik

TABALONG – Untuk meningkatkan sinergi, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Basarnas Banjarmasin menggelar rapat koordinasi SAR daerah tahun 2021 di Tabalong, pada 27 Juli 2021. Rakor SAR daerah ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa pencarian dan pertolongan sesuai dengan kontijensi yang ada di Tabalong.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, yang membuka kegiatan ini berharap, rakor dapat menghasilkan konsep penanganan bencana yang baik dan mampu meningkatkan kualitas sdm petugas yang ada di Tabalong.

“Saya berharap melalui rapat koordinasi ini  dapat dihasilkan konsep penanganan pasca bencana, termasuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan yang lebih penting lagi semangat dan kesadaran kita untuk melaksanakan misi kemanusiaan ini” Kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Melalui rakor ini, Basarnas membangun koordinasi dan sinergi dengan instansi terkait. Dengan tujuan untuk membentuk pola pikir dan pola tindak yang sama, dalam pelayanan jasa pencarian dan pertolongan dari berbagai instansi.

“kami melibatkan semua instansi, potensi SAR, baik itu  dari TNI Polri,maupun dari instansi yang terkait baik itu dari dinas kesehatan, maupun  dari unsur organisasi masyarakat, dari pihak perusahaan. Jadi untuk mensinergikan kolaborasi dalam tugas tugas-tugas kemanusiaan.” Kata Slamet Riyadi, Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin.

Slamet Riyadi menambahkan, dalam kegiatan ini, pihaknya juga akan mengadakan pelatihan  SAR daerah, tentang penanganan khusus yang berkaitan dengan insiden di jalan raya. Pelatihan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada 29 Juli mendatang. (Maria Ulfah).

Next Post

Puncak Karhutla Diprediksi Agustus, Warga Diminta Jangan Bakar Lahan

Kam Jul 29 , 2021
TABALONG – Puncak Karhutla yang diprediksi terjadi di bulan Juli, bergeser ke bulan Agustus mendatang. Pasalnya berdasarkan kondisi saat ini, bulan Juli masih terdapat intensitas hujan. Berdasarkan data aplikasi lapan fire hotspot, terdeteksi sejumlah titik api di Kabupaten Tabalong, hingga 26 Juli 2021. Namun berdasarkan pantauan lapangan yang dilakukan BPBD […]