Puluhan Kantong Benih Nila Ditebar di Sungai Tabalong Mati Mahe Sebrang

Tabalong – Pemerintah Desa Mahe Seberang melepas benih ikan nila di tambak milik Kelompok Tani Pembudidaya Ikan Keramba Hayapu, pada 28 Desember 2021. Benih ikan yang dilepas kali ini sebanyak 37 kantong, di 10 unit keramba milik Poktan Hayapu.

Benih ikan yang ditebar ini, merupakan bantuan dari pemerintah desa mahe seberang kepada Kelompok Tani Hayapu. Pasalnya poktan ini baru dibentuk, hasil dari aspirasi warganya yang ingin belajar membudidayakan ikan.

Selain benih ikan, bantuan yang diberikan desa juga berupa tambak ikan, pos penjagaan, hingga bimbingan teknis yang diberikan dinas perikanan tabalong. Kepala dinas perikanan tabalong, muhammad mugeni mengapresiasi pemdes mahe seberang yang berkomitmen melakukan pemberdayaan masyarakat dengan dana desa.

 “dan kami sangat mengapresiasi atas keputusan dan kebijakan pemdes mahe seberang yang telah berkomitmen untuk menggunakan dana desa dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam bidan g perikanan khususnya petani keramba ikan nila nah kami melihat dari potensi yang ada ini sangat cocok bagi ikan nila dan mudah-mudahan ini yang menjadi membuka lapangan kerja baig masyarakat.” Kata Muhammad Mugeni- Kepala Diskan Tabalong.

Ketua Poktan Hayapu Mahe Seberang, Radiansyah optimis mampu membudidayakan ikan nila. Karena budiaya dilakukan di sungai mati, yang ia nilai memiliki kualitas air lebih baik.

 “dan mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini kami masyarakat desa mahe seberang sangat optimis dengan adanya kegiatani ni kemudian lahannya pun cukup memungkinkan karena air cukup baik pergantiannya selalu ada itu tergantung dengan sungai.” Kata Radiansyah- Ketua Poktan Hayapu Mahe Seberang.

Ia menambahkan, membudidayakan ikan tambak di sungai mati merupakan pilihan yang paling tepat bagi poktan hayapu. Pasalnya pencemaran seperti limbah segala macam sangat minim masuk di daerah  sungai mati. (Muhammad Arie Arieyadi).

Next Post

Begini Ungkapan Kasus Polres Tabalong Selama Tahun 2021...

Kam Des 30 , 2021
Tabalong – Berdasarkan data yang diungkap Polres Tabalong, tingkat kriminalitas di Kabupaten Tabalong mengalami penurunan 16 persen dibanding tahun lalu, dari 197 kasus menjadi 165 kasus. Sementara itu, persentase penyelesaian kasus mengalami kenaikan, dari 83 persen menjadi 86 persen. Dari ratusan kasus tersebut, ada tujuh kasus menonjol, empat kasus diantaranya […]