Pulihkan Ekonomi Terdampak Covid-19, Distan Tabalong Akan Hibahkan Sapi & Kambing

TVTABALONG – Dinas Pertanian Tabalong tahun ini kembali mempersiapkan bantuan ternak berupa kambing dan sapi bagi Kelompok Tani di Tabalong. Kedua jenis ternak ini dinilai perlu ditingkatkan ketersediaannya untuk konsumsi masyarakat.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian Tabalong Saswoko menjelaskan, meski tidak masuk dalam kategori super prioritas seperti bantuan itik siap bertelur, bantuan sapi dan kambing tetap dilaksanakan. Namun jumlah bantuan tahun ini, khususnya sapi harus mengalampi pengurangan.

 “ Sebenarnya untuk dibidang peternakan ya selain itik ada bantuan sapi ada juga kambing, tahun 2020 kemarin sapi ada 100 ekor, kemudian kambing 2020 ada 70 ekor, untuk tahun ini kambing hanya 71 ekor dan sapi rencananya 91 ekor tapi karena adanya pemotongan anggaran untuk keperluan covid ya akhirnya di kurangi, dipotong untuk sapi.  Memang itu adi disebut dengan super prioritas akibatnya itik dan kambing yang dipertahankan tahun ini.” Tutur Plt Kepala Dinas Pertanian Tabalong, Saswoko.

Melalui berbagai bantuan ternak ini, Dinas Pertanian Tabalong ingin fokus meningkatkan produktivitas pertanian di semua komoditi. Terlebih ketika pandemi seperti saat ini, yang menuntut setiap daerah harus mandiri. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Pemkab Tabalong Berikan Bantuan Korban Kebakaran di Kelua

Jum Apr 23 , 2021
TVTABALONG – Upaya cepat dilakukan dinas sosial tabalong untuk membantu korban kebakaran di Desa Ampukung Kecamatan Kelua pada Senin malam 19 April 2021. Bantuan yang diserahkan dinas sosial ini dilakukan usai pemadaman api yang dilakukan oleh petugas. Bantuan yang diserahkan fokus pada kebutuhan sandang dan pangan korban. Seperti beras, mie […]