PT Adaro Fasilitasi Pelatihan Budidaya Madu Kelulut di Ponpes Miftahul Ulum Banua Lawas

TABALONG – PT Adaro Indonesia bekerjasama dengan universitas lambung mangkurat kembali memberikan pembinaan usaha kepada pondok pesantren melalui program Adaro Santri Sejahtera. Pembinaan yang dilakukan pada 20 November 2021, menyasar Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Desa Bangkiling Kecamatan Banua Lawas.

Pembinaan usaha kali ini fokus pada budidaya madu kelulut. Sebelumya PT Adaro Indonesia telah memberikan bantuan 42 stup untuk modal awal usaha madu kelulur di pondok pesatren ini. Dalam pembinaan ini, dosen unlam memberikan materi terkait teknik budidaya madu kelulut yang tepat, pengenalan jenis lebah kelulut, tahapan budidaya kelulut serta lain sebagainya.

Untuk program matchingfund kedaireka adaro ulm ketiganya bersinergi untuk menciptakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di pondok pesantren yang menjadi binaan pt adaro salah satunya di Miftahul Ulum Tabalong.” Kata Siti Hamidah, Dosen Fakultas Kehutanan ULM.

Ketua badan pengelola usaha ponpes miftahul ulum, Abdul Gafur menuturkan, mengaku bersyukur pihaknya menjadi sasaran pembinaan usaha. Hal ini menurut gafur dapat menjadi bekal untuk kemandirian pondok pesantren dan para santri.

 “Alhamdulillah untuk perkembangan di kelulut ini sendiri mungkin pelatihan yang diberikan dari unlam, Alhamdulillah pondok pesantren kita banyak menerima bantuan bahkan pembelajaran yang sangat menguntungkan bagi kami” Kata Abdul Gafur, Ketua BPUP Ponpes Miftahul Ulum.

Gafur menambahkan, selain pelatihan dan praktek optimalisasi hasil madu kelulut, pihaknya juga mendapatkan pembelajaran tentang tanaman yang tepat untuk sumber makanan kelulut, seperti, tanaman kaliandra, air mata pengantin dan santos. (Gazali Rahman).

Next Post

Usulan UMK Tabalong Naik 0,96% Tahun 2022

Sab Nov 27 , 2021
TABALONG – Upah minimum Kabupaten Tabalong tahun 2022 diusulkan untuk naik sebesar 0,96 %. Dewan pengupahan Dinas Tenaga Kerja Tabalong telah menyepakati kenaikan UMK Tabalong yang ditentukan dengan sistem kalkulator upah berdasarkan rilis kemenaker. UMK Tabalong untuk tahun 2022 diusulkan naik sebesar 28.597 rupiah, atau menjadi tiga juga 1.230 rupiah. […]