Promosikan Produk Lokal, UMKM Tabalong Ikut Pasar Murah

TVTABALONG – Operasi pasar murah yang digelar Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, pada 20 April 2021 di Tabalong, juga menghadirkan berbagai produk olahan lokal. Produk ini dibawa oleh para pelaku UMKM yang tergabung dalam gerakan kewirausahaan nasional, GKN, dan Koperasi Al-Yakin Tabalong.

Pelaku usaha ini memasarkan berbagai produk olahan yang mereka produksi, seperti kopi pasak bumi, gula semut, sari bajakah, berbagai camilan, hingga masker dan pakaian sasirangan. Keikutsertaan UMKM ini juga untuk memperkenalkan produk olahan pelaku usaha yang ada di tabalong kepada masyarakat.

Ketua gerakan kewirausahaan nasional DPC Tabalong, Julia Helna, mengatakan, pihaknya berinisiatif meminta kepada Disperindag untuk diikut sertakan dalam bazar pasar murah ini. Sehingga pihaknya bisa memperkenalkan produk hasil olahan pelaku usaha yang ada di Tabalong.

“Partisipasi ini memang jauh di awal bulan puasa kemaren, kita memang mendatangi disperindag, meminta untuk pasar murah tadinya, kemudian kami pengen ada bazar, ternyata mereka sudah ada program pada tanggal 20 pasar murah, dan kami di izinkan mengikuti, memang ada inisiatif kami sendiri meminta kepada Disperindag.” Kata Ketua GKN DPC Tabalong, Julia Helna.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani, mengapresiasi peran para pelaku usaha yang ada di tabalong, menurutnya hal ini sebagai ajang publikasi dan promosi produk lokal asli daerah, sehingga masyarakat luas dapat mengenal produk olahan daerah.

“Memang dimana mana kami mengikutkan para pelaku usaha UKM, Kenapa?, Karena ini sangat bermanfaat sekali bagi ukm, untuk mempublikasikan, untuk mempromosikan produk lokal asli di daerah itu, sehingga masyarakat akan kenal, bahwa di daerahnya ada produk seperti ini, nah itu adalah bagian dari promosi, sehingga masyarakat mengetahui di daerahnya ada produk tersebut, kemudian dimana mereka harus mendapatkannya, siapa penjualnya, siapa produsennya, sehingga terpromisi lah produk lokal tersebut, itu yang kita inginkan di setiap pasar murah ukm selalu kita himbau untuk mengikuti.” Kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani.

Birhasani juga mengharapkan pelaku usaha agar selalu memanfaatkan setiap momen guna mempromosikan olahan mereka, sehingga kedepannya, produk mereka tidak hanya dapat dikenal di daerah saja, namun bisa dikenal secara nasional hingga ke mancanegara. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Berbagai Menu Takjil di Pasar Ramadhan Tanjung Expo Center

Sel Apr 27 , 2021
TVTABALONG – Beginilah suasana sore hari di Pasar Ramadhan Tanjung Expo Center Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, terlihat sejumlah warga mulai berburu takjil untuk menu berbuka puasa. Pasar Ramadhan disini mulai ramai pengunjung dari jam 4 sore, hingga menjelang Maghrib. Berbagai menu takjil dijajakan para pedagang, mulai dari minuman segar, aneka […]