Program Pendataan Keluarga 2021 Dimulai, Bupati Anang ajak warga Berpartisipasi

TVTABALONG – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Tabalong, mulai melakukan pendataan keluarga pada 1 April 2021. Keluarga yang didata pertama kali adalah Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, di kediamannya Pendopo Bersinar Pembataan.

Pendataan ini dilakukan terhadap keluarga utama, seperti ayah, ibu, dan anak, serta suami dan istri. Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani mengajak kepada seluruh masyarakat agar mendukung dan mensukseskan kegiatan pendataan keluarga ini, dengan menerima petugas atau kader pendata yang berkunjung kerumah keluarga masing-masing.

Mulai tanggal 1 April sampai 31 Mei 2021, akan dilaksanakan pendataan keluarga secara serentak diseluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Tabalong, pendataan keluarga ini dilaksanakan setiap 5 tahun sekali, dan ini merupakan kegiatan yang sangat penting, sebab data tersebut sangat membantu untuk perencanaan keluarga diseluruh indonesia, khususnya di kabupaten tabalong, oleh karena itu, saya mengimbau marukita bersama-sama mendukung dan mensukseskan pendataan keluarga ini dengan menerima petugas atau kader pendata yang berkunjung kerumah bapak ibu sekalian, dengan teta pmenerapkan protocol kesehatan.” Jelas Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani.

Pendataan keluarga sesuai dengan amanat undang-undang tentang Perkembangan Kependudukan Dan Keluarga Berencana, serta PP tentang perkembangan kependudukan. Pendataan dilakukan untuk validasi data, yang akan digunakan pemerintah dalam pelaksanaan kebijakan peningkatan dan pemerataan pembangunan. Kepala DP3AP2KB Tabalong, Rusmadi, meminta masyarakat dapat bekerjasama dalam pendataan keluarga, dengan menyediakan dokumen pendataan berupa kartu keluarga.

“Masyarakat dihimbau untuk menyiapkan kartu keluarga masing-masing, sehingga manakala sejak tanggal 1 April sampai 31 Mei 2021 ini, akan terdata warga masyarakat  yang ada di Tabalong, dengan menyiapkan kartu keluarga masing masing, selebihnya nanti akan dilakukan tanya jawab terhadap isian yang dilakukan oleh pendata yang ada di tempat masing-masing.”  Tutur Kepala DP3AP2KB, Rusmadi.

Selain sebagai dasar landasan kebijakan Pemeirntah, pendataan ini juga untuk mengetahui jumlah keluarga, pasangan usia subur yang ber-KB, pasangan usia subur yang tidak ber-KB, pasangan usia subur yang ber KB dengan alat kontrasepsi, hingga mengetahui persentase stunting yang ada di Kabupaten Tabalong. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Ketua DPRD Tabalong Ikut Pendataan Keluarga, Ini Pesannya Untuk Warga…

Jum Apr 2 , 2021
TVTABALONG – Di hari pertama pelaksanaan pendataan keluarga, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB, melakukannya pada Pimpinan Daerah, salah satunya ketua DPRD Tabalong Mustafa. Pendataan dilakukan di kediaman Ketua DPRD di Kelurahan Mabuun, pada 1 April 2021. Didamping istri, Mustafa menjawab pertanyaan yang diajukan Kader pendata. Pertanyaan […]