Praktek Lapangan Berakhir, Calon Magang Pertanian ke Jepang Dilepas

TVTABALONG – Peserta calon magang ke Jepang dari Balai Besar Pelatihan Pertanian Kabupaten Tapin, telah menyelesaikan pembinaan di Pusat Pelatihan Pertanian Dan Pedesaan Swadaya Desa Masingai Kecamatan Upau, pada 7 April 2021. Para peserta ini mendapatkan pembinaan selama 7 hari dari P4S Desa Masingai, untuk memantapkan diri sebelum mengikuti seleksi magang ke Jepang.

Selama pelatihan peserta diberi pelatihan terkait penggunaan alsintan, praktek teknik tanam, pendalaman bahasa Jepang. Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian Tabalong, drh. Saswoko berharap, para peserta lolos dalam seleksi akhir, dan dapat menimba ilmu pertanian di Jepang, sehingga bisa membawa ilmu ke daerah masing-maisng. Terlebih ada 4 orang warga Tabalong yang juga mengikuti program ini.

 “Pada seleksi akhir di Binuang nanti bisa lolos kemudian bisa berangkat ke Jepang mewakili daerahnya masing-masing, bahkan mewakili indonesia, dan bisa menimba ilmu disana sehingga bisa kembali ke tanah air nanti bisa menjadi petani millennial, yang berjiwa bisnis yaitu agribisnis, interpreniur. Demikian juga harapan kami peserta 4 orang yang dari tabalong ada 4 orang tuh, itu di latih di Tapin kan, kan di silang ini, demikian juga nanti mudah mudahan mereka bisa sukses.” Plt. Kepala Dinas Pertanian Tabalong, drh. Saswoko.

Pesan perpisahan juga tak luput disampaikan ketua pengelola P4S Desa Masingai, Sabar Susilo. Ia berharap para peserta calon magang ini, dapat beradaptasi dengan kondisi dan lingkungan selama 3 tahun di Jepang, serta pulang kedaerahnya dengan membawa hasil yang bermanfaat.

 “Jangan sampai pulang tanpa membawa hasil, tetap jaga kesehatan karena iklimnya di Jepang dan di Indonesia sangat berbeda, sehingga harus bisa ber adaptasi menyesuaikan.” Kata Ketua Pengelola P4S Desa Masingai, Sabar Susilo.

Selain kepala dinas pertanian dan ketua pengelola p4s desa masingai, nasehat dan pesan motivasi juga diberikan dari danramil haruai, kepala dinas perikanan, dan jajaran bappeda tabalong. (Rangga).

Next Post

Peserta Calon Magang Pertanian Sampaikan Salam Perpisahan Berbahasa Jepang

Rab Apr 14 , 2021
TVTABALONG – Peserta calon magang ke Jepang dari Balai Besar Pelatihan Pertanian Kabupaten Tapin, telah menyelesaikan pembinaan di Pusat Pelatihan Pertanian Dan Pedesaan Swadaya Desa Masingai Kecamatan Upau, pada 7 April 2021. Para peserta ini mendapatkan pembinaan selama 7 hari dari P4S Desa Masingai, untuk memantapkan diri sebelum mengikuti seleksi […]