Potong Hewan Kurban di Rumah Potong Hewan, Warga: Jadi Lebih Mudah

TABALONG – Pemotongan hewan kurban di UPT Rumah Pemotongan Hewan, pada tahun ini meningkat apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pasalnya pada hari pertama saja telah dilakukan pemotongan terhadap 10 ekor sapi. Dan pada malam harinya akan ada 8 ekor sapi.

Pengelola UPT RPH Tabalong, Bahrani, turut menjelaskan bahwa untuk tahun ini sapi yang akan dipotong datang dari berbagai tempat, seperti Taman Tanjung, dari Bupati dan Istri Wakil Bupati.

 “ini ada satu ini dari taman taman tanjung itu kan 1 harini jua motong 10, trus 4 ekor ini dari masjid, masjid raya tanjung, habis tu ada lagi dating dari bupati 1, trus besok ada lagi dating dari punya bu eka” Kata Bahrani – Pengelola UPT RPH Tabalong.

Salah seorang warga yang menggunakan fasilitas dari UPT RPH Mabuun ini, bayu, menjelaskan bahwa ia bersama warga lainnya sengaja memotong hewan kurban di UPT RPH ini untuk mengurangi kerumunan di desanya. Dan juga dikarenakan fasilitas yang disediakan di RPH ini cukup lengkap untuk mempermudah mereka dalam membersihkan limbah hewan kurban.

 “Pertama ya karena kondisi pandemic ini jadi kami untuk mengurangi apa istilahnya kerumunan lah didesa kami jadi kami putuskan untuk memotong hewan kurbannya disini, trus fasilitasnya rumah potong hewan ini ya lebih mudah kytu nah untuk melakukan penyembelihannya terutama untuk membersihkan sisa sisa ini jadi kami tidak perlu membersihkan limbahnya itu aja ” Kata Bayu- Warga Sulingan.

Untuk tahun ini, UPT Rumah Pemotongan Hewan, hanya memberikan tarif sebesar 25 ribu rupiah untuk menggunakan fasilitas yang ada. Namun mereka juga turut membantu proses pemotongan hewan kurban hingga pengemasannya dengan gratis. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Miliki Fasilitas Lengkap, Rumah Potong Hewan Tabalong Jadi Solusi Berqurban

Kam Jul 22 , 2021
TABALONG – Guna mencegah penyebaran covid 19, UPT Rumah Pemotongan Hewan Tabalong, sebagai salah satu tempat yang diimbau untuk menjadi tempat pemotongan hewan kurban. Pasalnya dilokasi ini merapkan protokol kesehatan yang sudah memenuhi standar yang berlaku. Selain menggunakan masker, pengelola UPT Rumah Pemotongan Hewan, bahrani menjelasjan, disini juga disediakan tempat […]