Ponpes Hidayatullah Panen Perdana Budidaya Ikan Sistem Bioflok

TVTABALONG – Pondok Pesantren Hidayatullah melakukan syukuran dan panen ikan nila bioflok, untuk yang pertama kalinya, pada 3 Juni 2021. Panen kali ini dihadiri asisten perekonomian dan pembangunan setda tabalong, yuhani, kepala balai perikanan budidaya air tawar mandiangin, Andy Artha Donny Oktopura, Kepala Dinas Perikanan Tabalong, Kepala Pondok Pesantren Hidayatullah, serta perwakilan Kapolres dan Dandim 1008 Tanjung.

Panen ikan dilakukan kolam bioflok dengan ukuran lebar 4 meter dan tinggi kurang lebih 1 meter. Satu kolam, menghasilkan panen ikan nila antara 75 hingga 100 kilogram.

Kepala Ponpes Hidayatullah, Abdur Rahman menuturkan, ikan nila yang dipanen saat ini telah melalui proses pembesaran selama enam bulan. Ia berharap kedepan usaha sektor perikanan di Pondok Pesantren ini dapat menjadi pendapatan tetap, untuk pendanaan yayasan.

 “Alhamdulliah hasilnya bisa dibilang baik cukup bagus, untuk apa namanya, untuk kedepannya insyaAllah hasil ini bisa menjadi tambahan atau menjadi komersil apa namanya pendanaan di yayasan hidayatullah ini, insyaAllah kedepnnya seperti itu.” Kata Kepala Ponpes Hidayatullah, Abdur Rahman.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong, Yuhani, yang menghadiri panen perdana mengapresiasi budidaya ikan yang dilakukan di Ponpes ini. Ia menilai kegiatan usaha ini sejalan dengan visi misi pemerintah, dalam mewujudkan kemandirian.

 “Hasil budidaya ikan system bioflok bantuan dari mentri kelautan dan perikanan republic indonesia di ponpes hidayatullah yang kita lakukan syukuran ini tentunya sangat sejalan dengan visi misi pemerintah kabupaten tabalong, dalam mewujudkan masyarakat lebih agamis sejahtera dan mandiri” Kata Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Setda Tabalong, Yuhani.

Yuhani berharap para santri mendapatkan pembelajaran terkait pemasaran hasil produk yang efektif, ditopang dengan manajemen keuangan yang baik sehingga saat sudah berada di luar pesantren, para santri dapat berusaha secara mandiri. (Gazali Rahman).

Next Post

BPBAT Mandiangin Minta Budidaya Ikan Sistem Bioflok Terus Dikembangkan

Sen Jun 7 , 2021
TVTABALONG – Pondok Pesantren Hidayatullah Desa Maburai melakukan panen ikan nila di kolam bioflok pada 3 Juni 2021. Bibit ikan berasal dari program bantuan prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan, KKP, untuk meningkatkan kesejahteraan pembudidaya ikan dan ketahanan pangan masyarakat. KKP telah mendistribusikan 6 paket bantuan bioflok di Provinsi Kalimantan Selatan, […]