Poktan Desa Ribang Tanam Melon Di sela Pohon Karet

TABALONG – Kelompok Tani Karya Membangun Desa Ribang Kecamatan Mara Uya, melakukan penanaman melon di kebun karet seluas 2 hektar yang menerapkan metode penanaman supradin. Penanaman turut dihadiri Wakil Bupati Tabalong, Mawardi bersama jajaran Dinas Petanian Tabalong.

Dengan metode supradin, karet ditanam berjarak, sehingga di sela tanaman karet dapat di tanamani jenis tanaman lainnya yang menghasilkan. Penanaman melon di lahan karet ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan Kelompok Tani Karya membangun.

Mawardi menilai, penanaman melon di kebun karet ini menjadi bukti bahwa sektor pertanian dan perkebunan di Tabalong menjadi semakin baik dan berkualitas. Pasalnya dengan teknik penanaman ini, potensi sektor pertanian lebih menjanjikan bagi masyarakat.

 “karena hal ini menjadi bukti bahwa sektro pertanian dan perkebunan di wilayah  kabupaten tabalong yang sama sama kita cintai ini terus diupayakan agar semakin baik menuju hasil yang berkualitas sekaligus indicator pertanian dan perkebunan masih tetap eksis dan menjajikan bagi masyarakat khususnya di bumi sarabakawa ini” Kata Mawardi- Wakil Bupati Tabalong.

Selain melakukan penanaman melon, Wakil Bupati Mawardi juga menyerahkan mesin rotari petani. Ia berpesan, meski gencar membudidayakan tanaman hortikultura, petani milenial tak meninggalkan tanaman pangan seperti padi. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Disbunnak Kalsel Sebut Petani Tabalong Pioner Pola Tanam Ganda

Kam Sep 9 , 2021
TABALONG – Sejak tahun 2017 hingga tahun 2021, peremajaan karet dengan metode tanam Supradin di Tabalong telah dilakukan dilahan karet seluas 895 hektar. Metode penanaman supradin yaitu pengaturan jarak tanam dengan pola 2 kali 2 setengah kali 18 meter. Dengan pola jarak ini, tanah seluas 1 hektar dapat ditanami 400 […]