Poktan Bintang Ara Tanam Jagung Varietas Baru Untuk Pakan Ternak

TVTABALONG – Kelompok Tani Sinar Pagi Desa Bintang Ara Kecamatan Bintang Ara, melakukan tanam perdana jagung Varietas RK 457 UM 2, pada 2 Juni 2021. Kegiatan tanam perdana ini turut dihadiri Dinas Pertanian Tabalong serta Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Tabalong.

Benih jagung yang ditanam kali ini merupakan bantuan dari dana APBD untuk lahan seluas 10 hektar dengan total benih 150 kilogram. Pelaksana tugas kepala Dinas Pertanian Tabalong, Saswoko menjelaskan, bantuan benih berasal dari APBN, sedangkan kebutuhan lainnya akan disiapkan melalui APBD.

 “ya Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong yang didukung oleh Dana APBN karena jagung ini termasuk 3 komoditi prioritas selain padi dan kedelai itu full di sokong oleh APBN jadi dana kabupaten nanti sharing apa yang belum terpenuhi itu kita usulkan dana Kabupaten ” Kata Saswoko – Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong.

Penanaman dilakukan di lahan sawah pasca panen pertama di tahun ini, yang diolah kembali. Penanaman jagung di lahan sawah lebih minim kendala dibandingkan lahan kering. Selain itu penanaman jagung ini untuk memaksimalkan produktivitas lahan sawah, agar dapat tanam 2 kali dalam setahun.

 “Iya kami sangat berterimakasih Kepada Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong khususnya Pemerintah Kabupaten Tabalong, kita diberikan kesempatan untuk dapat bantuan seperti ini kami mencoba membuka lahan di kawasan Desa Bintang Ara ini agar bisa nantinya menghasilkan jagung, karena kita sayang lahan yang ada dibelakang kita ini kalau toh nantinya selesai mereka seperti ini panen padi sehingga dilantarkan hampir sekitar 6 bulan 7 bulan, artinya kalau toh nanti 100 hari umur jagung itu berarti kita bisa panen 2 kali, satu kali panen padi, 2 kali kita panen jagung” Kata : Misran – Ketua Kelompok Tani Sinar Pagi Desa Bintang Ara.

Misran menambahkan, bantuan benih dapat memotivasi kelompok tani mereka dalam membudidayakan jagung. Sehingga dapat mendorong pemulihan ekonomi masyarakat yang dijalankan pemerintah. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Ini Kelebihan Jagung Varietas Baru Yang Ditanam Petani Bintang Ara

Sen Jun 7 , 2021
TVTABALONG – Bibit jagung varietas RK 457 UM 2, yang ditanam Kelompok Tani Sinar Pagi Desa Bintang Ara, merupakan salah satu benih jagung hibrida karya anak bangsa selain jenis j-h 37. Benih ini kualitasnya diakui secara nasional, bahkan internasional. Pasalnya pada akhir tahun 2020 lalu, benih jagung hibrida telah dikirim […]