PLUT Tabalong Bantu Terbitkan NIB & IUMK, Ini Manfaatnya Bagi UMKM…

TVTABALONG – Pusat Layanan Usaha Terpadu, PLUT Tabalong saat ini membuka pelayanan baru, yang membantu pelaku usaha mikro untuk penerbitan nomor induk berusaha, NIB dan izin usaha mikro kecil atau IUMK. Bantuan penerbitan izin tersebut diberikan melalui online single submission, OSS.

Pelayanan ini telah dibuka sejak awal April 2021, ditujukan bagi pelaku usaha yang belum memiliki nib maupun iumk. Pihak pengelola pun memprioritaskan pelayanan ini untuk mitra plut atau pelaku usaha yang sudah sering berkonsultasi di PLUT.

Persyaratan pembuatan akun OSS, pelau usaha wajib memiliki kartu tanda penduduk, email pribadi, serta nomor handphone. Setelah mendapat verifikasi email pelaku usaha, maka bisa dilakukan pendaftaran pembuatan NIB dan IUMK.

Kepala Kantor PLUT Tabalong, Noorita Hidayati, mengatakan, saat ini segala perizinan pelaku usaha mikro harus menggunakan NIB. Sehingga PLUT Tabalong berinisatif untuk membantu para pelaku usaha mendapatkan nomor izin berusaha tersebut.

“Dalam hal ini juga pelaku usaha diuntungkan karena mau tidak mau dengan NIB ini mereka sudah terdaftar didalam database kita, jadi kita bisa mengakses itu, kemudian untuk selanjutnya yang kaya pendaftaran merk, sertifikat produksi, kemudian izin edar, BPOM, Sertifikasi halal, itu nomor satunya adalah mempersyaratkan adanya NIB, Disitu lah sebelum pelaku usaha mikro ini maju lebih lanjut untuk mengurus perizinan, mereka harus punya NIB dlu, disitu lah makanya kami membuka pelayanan ini untuk membantu kawan kawan yang belum bisa mengakses sendiri online single submission itu.” Kata Kepala PLUT Tabalong, Noorita Hidayati.

Sejak awal hingga pertengahan April, sebanyak 20 pelaku usaha mikro telah memanfaatkan pelayanan baru dari plut ini. Noorita mengharapkan masyarakat yang memiliki usaha maupun ingin mendirikan usaha agar selalu berkonsultasi ke PLUT Tabalong. Sehingga pihak PLUT dapat memberikan solusi bagi segala permasalahan para pelaku usaha mikro. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Program Bedah Rumah Pemkab Tabalong Berlanjut, Tahun Ini 50 Rumah Jadi Sasaran

Sen Apr 26 , 2021
TVTABALONG – Dinas perumahan, permukiman dan pertanahan tabalong kembali mempersiapkan program bantuan stimulan perumahan swadaya, atau bsps bagi masyarakat berpenghasilan rendah di tahun 2021. Bsps yang dipersiapkan kali ini merupakan bsps kabupaten yang bersumber dari apbd tabalong tahun 2021. Bsps untuk tahun ini dipersiapkan bagi 50 warga yang memiliki rumah […]