Pilkades Gelombang 2 Tabalong, Sejumlah Desa Akan Gunakan Sistem E-Voting

TVTABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong akan kembali menggunakan sistem aplikasi e-voting pada pemilihan kepala desa serentak pada gelombang kedua yang akan digelar pada November mendatang. Pasalnya aplikasi e-voting yang dikembangkan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Tabalong, telah sukses menyajikan pemilihan cepat dan rakyrat pada pilkades serentak di Tabalong pada tahun 2019 lalu.

Dari 57 Desa penyelenggara pilkades 2019, penggunaan sistem aplikasi e-voting sukses digunakan untuk 3 desa, yang ada di 3 kecamatan berbeda. untuk gelombang kedua, Pemerintah Kabupaten Tabalong akan kembali melaksanakan pemilihan di 64 desa, sebagian diantaranya akan kembali menggunakan sistem aplikasi e-voting.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Arianto menuturkan, pihaknya akan berusaha melakukan perluasan dalam pemilihan Kepala desa dengan menggunakan sistem aplikasi e-voting. Halini pun akan kembali dikerjasamakan dengan Diskominfotik Tabalong, agar dapat terlaksana.

Kemungkinan sebagian desa akan kita tawarkan untuk bisa menggunakan e-voting, ini tergantung dari kesiapan dukungan dari kominfo,  karena sesuai dengan pengalaman kita pada tahun 2019 kemaren kaitannya dengan e-voting ini di fasilitasi oleh teman-teman dari dinaskomunikasi dan informasi di Kabupaten Tabalong.” Tuturnya.

Arianto mengaku belum bisa memastikan, jumlah desa yang akan melakukan pemilihan dengan sistem aplikasi e-voting. Pasalnya hal ini berkaitan erat dengan ketersediaan alat serta sumberdaya manusia, jika pilkades dilaksanakan dengan sistem aplikasi tersebut. (Gazali Rahman).

Next Post

Kunjungi Tabalong, Wabup Tanah Bumbu Ingin Terapkan Pilkades Secara E-Voting

Sel Mar 30 , 2021
TVTABALONG – Wakil Bupati Tabalong, Mawardi yang mewakili Pemerintah Kabupaten Tabalong menyambut kunjungan kerja rombOngan Pemkab Tanah Bumbu yang didampingi Wakil Bupatinya Muhammad Rusli, pada 29 Maret 2021. Kunjungan kerja ini untuk membahas sistem pemilihan Kepala desa dengan menggunakan aplikasi e-voting, yang pernah digunakan Tabalong pada pilkades serentak 2019 lalu. […]