Petani Jangkung Tanam Jahe Merah & Karet Secara Tumpang Sari

TABALONG – Kelompok Tani Bintang Mulia Dua Desa Jangkung, menjadi satu dari dua kelompok tani yang mendapatkan bantuan bibit jahe dari dinas pertanian tabalong pada februari lalu. Total bibit sebanyak 500 kilo dibagikan pada 10 orang anggota kelompok tani disini.

Nurdiati menjadi salah satu anggota kelompok tani bintang mulia yang mendapatkan bantuan bibit jahe, sebanyak 40 kilogram. Bibit jahe ia tanam di sela tanaman karet miliknya. Nurdiati berharap, jahe yang bisa dipanen pada februari 2022 mendatang, dapat memberikan hasil maksimal, sesuai harapannya.

“tanamnya 40 kg kehendak tuh 1 ton hahahah kalo bisa, mudahan berhasil “oh jadi ini bisa sampai 1 ton bu?” iya kalau segini ni nah bisa sampai 5kg kalau orang tuh selebar ini nah bisa 5 kg  seanunya ckk kalau orang yang sudah berhasil tuh sekitar 1 meter tuh  tanamnya bisa sekitar 5kg an panennya”  Kata Nurdiati – Anggota Kelompok Tani Bintang Mulia Dua Desa Jangkung.

Budidaya jahe merah ini sendiri dilakukan secara semi swadaya oleh anggota Kelompok Tani Bintang Mulia Desa Jangkung, karena hanya bibit yang merupakan bantuan Dinas Pertanian. PPL KPP Jangkung, Lia Susilawati menjelaskan budidaya jahe berasal dari inisiatif warga, sehingga mereka dengan sukarela menyediakan saprodi pendukung, seperti pupuk dan semacamnya.

“nah swadaya karena dari bantuan paket yang didapat itu tidak ada pupuk kimia ataupun kandang,  nah sedangkan untuk kita berbudidaya itukan harus ada yang namanya asupan unsur hara, alhamdulillah petaninya swadaya sendiri membeli pupuk kandang dan pupuk npk atau sp 36 untuk menyuburkan tanamannya naa harusnya ada timbal balik dari bantuan pemerintah dan sumber daya petani juga karena mereka dasar minat mau nanam jahe, inggih gitu” Kata Lia Susilawati  – Petugas PPL KPP Jangkung.

Jahe ini sendiri memiliki masa tanam selama setahun. Panen akan dilakukan pada Februari 2022 mendatang. Baik petani dan PPL mengharapkan tanaman jahe yang merupakan komoditi baru bagi kelompok tani ini, terhindar dari serangan hama dan sebagainya, sehingga panen bisa maksimal. M. Arie Arieyadi).

Next Post

Jahe Merah, Tanaman Biofarmaka Yang Miliki Banyak Khasiat

Sen Jul 12 , 2021
TABALONG – Jahe merah termasuk kedalam jenis tanaman biofarmaka, yaitu tanaman yang memiliki khasiat atau fungsi menjaga kesehatan tubuh. Tanaman ini menjadi viral selama pandemi, arena khasiatnya yang dianggap mampu meningkatkan daya tahan tubuh apabila diracik dengan tepat sebagai obat herbal. Jenis jahe merah adalah jenis yang paling sering digunakan […]