Peserta Calon Magang Pertanian ke Jepang Belajar dengan Alumni Asal Tabalong

TVTABALONG – Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong menerima kedatangan calon peserta magang, atau on the job training, dari Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang Kabupaten Tapin pada 1 April 2021 Di Aula Tanjung Puri Setda Tabalong.

15 orang peserta ini akan menempuh magang ke Jepang. Namun sebelum berangkat, mereka memantapkan ilmu di Pusat Pelatihan Pertanian Dan Pedesaan Swadaya Desa Masingai Kecamatan Upau selama 7 hari.

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Tabalong, Kurdiansyah, menjelaskan, selama pemantapan peserta akan dibina penyuluh pertanian di Desa Masingai, yang juga merupakan alumni magang di Jepang dan anggota dari ikatan keluarga magang Jepang.

“Disanakan akan dilatih bahasa Jepang, kebetulan narasumbernya yang dari bahasa Jepang ini ada, kebetulan dari Ikamaja, ikatan keluarga magang Jepang, kebetulan beliau juga sebagai penyuluh.” Kata Kabid Penyuluhan DInas Pertanian Tabalong, Kurdiansyah.

Selama masa pemantapan, peserta akan dibina penyuluh pertanian lapangan Desa Masingai, Khotim, yang merupakan pengawas pendamping para peserta. Peserta akan dibina dengan praktek lapangan yang fokus pada pendalaman bahasa Jepang dan penguasaan alsintan.

“Jadi yang akan kita fokuskan untuk kegiatan untuk terampilnya adalah penggunaan alat-alat mesin pertanian, mungkin ada traktor tangan , penggunaan traktor roda 4 begitu, karena untuk persiapan bekerja di jepang adalah dengan menggunakan mesin, jadi penguasaan alsintan yang akan kita lebih perkuat begitu.” Jelas  Penyuluh pertanian Desa Masingai, Khotim.

Khotim menambahkan, peserta juga akan dilatih kekuatan fisik dan mental, serta membentuk kedisiplinan. Sehingga pesetya bisa beradaptasi dengan iklim dan lingkungan sosial di Jepang. (Rangga).

Next Post

Komisi II DPRD Tabalong Dukung Program Magang Pertanian ke Jepang

Sen Apr 5 , 2021
TVTABALONG – Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya Desa Masingai Kecamatan Upau, menjadi sentra pembinaan bagi calon peserta magang ke Jepang, dari Balai Besar Pelatihan Binuang Kabupaten Tapin. Hal ini pun mendapat apresiasi dari Komisi II DPRD Tabalong, yang turut hadir menyambut kedatangan para peserta ke Tabalong pada 1 April […]