Peringati Hari Rabies Sedunia, UPT Puskeswan Berikan Vaksinisasi Secara Gratis

Tabalong – Memperingati Hari Rabies Sedunia, pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) pusat kesehatan hewan, memberikan vaksinisasi rabies secara gratis, dan seterilisasi kebiri secara bersubsidi. Vaksinisasi rabies gratis ini, berlasung sejak 21 september hingga 25 september 2020, di Klinik UPT Kesehatn Hewan Mabu’un.

Layanan vaskin gratis dan sterilisasi bersubsidi ini disambut antusias pecinta hewan di Tabalong. Terbukti di hari pertama pembukaan pelayanan sudah ada 14 ekor hewan peliharaan yang di suntik anti rabies, terdiri dari 12 ekor kucing, dan 2 ekor anjing. Sedangkan untuk sterilisasi ada 3 ekor kucing betina, dan kebiri 9 ekor kucing jantan.

Dokter Hewan Mega Indah Suryani menjelaskan, terilisasi dan kebiri dilakukan agar hewan peliharaan seperti kucing lebih cenderung berada di rumah, sehingga kesehatan hewan peliharaan akan lebih terjaga. Ia juga mengatakansaat ini pihaknya tidak membatasi jumlah hewan yang diberikan vaksin.

“Yang pertama untuk sterilisasi yaitu dia tidak menularkan penyakit, tidak kawin-kawin. Tidak kawin ini bertujuan supaya dia tidak menularkan penyakit ke lainnya. Yang ke dua dia lebih slowdown dia lebih menurut kepada pemiliknya. Jadi tidak keluar-kelur lagi cukup di rumah, tidak ada birahi untuk kawinnya jadi untuk kesehatannya dia lebih maksimal. Untuk rabies kita terima sampai obat kita habis untuk steril memang ada batasan” kata drh. Mega Indah Suryani

Dengan adanya vaksinisasi rabies secara gratis, dalam peringatan hari rabies sedunia, masyarakat diharap dapat memenfaatkannya khususnya bagi hewan peliharaan, untuk dapat terhindar dari penyakit rabies. (Maimun)

Next Post

Tingkatkan Kedisiplinan Protokol Kesehatan, Tim GTPP Covid-19 Tabalong Melaunching Tim Satuan Pedas

Sen Sep 28 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid Ninteen Tabalong meluncurkan tim satuan penegakan disiplin kesehatan, atau tim pedas, di Halaman Pendopo Bersinar, pada 23 September 2020. Peluncuran Tim Satuan Gabungan untuk mempercepat pemutusan mata rantai penularan covid […]
error: