Percantik Desa Jadi Cara Warga Masingai II Sambut HUT RI Ke-76

TABALONG – Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 76 tahun ini, masyarakat Desa Masingai dua kecamatan Upau bergotong royong menghias desa dengan berbagai pernak pernik serba kemerdekaan.

Menghias Desa dilakukan mulai dari memasang umbul umbul di sepanjang ruas jalan desa, patok yang diberi cat merah putih, hingga membangun gapura dengan berbagai bentuk yang unik di 17 RT yang ada di desa ini. Goting royong ini diikuti mulai dari anak anak, remaja, hingga orang dewasa. Pejabat sementara kepala Desa Masingai II, Suparno, mengatakan, masyarakat Desa Masingai II ini sudah mempunyai inisiatif sendiri untuk menghias desanya, bahkan jauh sebelum tiba bulan Agustus.

” Jadi disini Tu sudah masyarakatnya, walaupun enggak diperintah, kalau sudah waktu bulannya masuk, masyarakat sudah antisipasi persiapan itu sudah enggak nunggu nunggu diperintah, ibaratnya itu, kegiatan itu sudah menjadi kegiatan rutin, kaya sudah wajib, jadi disini ketika 17 an, mereka masing masing RT itu sudah melakukan kegiatan, kaya pembersihan desa, pemasangan umbul umbul, mereka sudah mengantisipasi lebih dulu” Kata Suparno, PJS Kepala Desa Masingai II.

Saking antusiasnya menyambut Hari Kemerdekaan, bahkan warga desa masingai, bisa bergotong royong hingga jam 12 malam untuk menghias desanya. Saat ditemui, salah seorang warga yang sedang membangun gapura, yasman, mengatakan, ia dan rekan rekannya mulai menghias sejak pukul 9 pagi. Ia sendiri mengaku antusias menyambut datangnya hari kemerdekaan ke 76 tahun ini.

“Hari ini kami mengerjakan gapura ini  sama teman teman mulai jam 9 pagi tadi, bahan bahan yang kami siapkan seluruhnya berbahan bambu, murni bambu semua, dan kami hias, memang untuk sekedar memeriahkan, memperingati 17 agustus yang ke 76 ini kami sangat antusias pak” Kata Yasman, Warga Desa Masingai II.

Warga Masingai II menghias desanya dengan dana swadaya, atau dengan inisiatif masing masing RT. Pendanaan juga dilakukan dengan meminta sumbangan dari masing masing warga yang ada di setiap RT. (Muhammad  Ariadi).

Next Post

Covid-19, Syukuran Akbar Warga Masingai II Ditunda

Sel Agu 10 , 2021
TABALONG – Pemerintah Desa Masingai dua Kecamatan Upau, berencana menggelar syukuran akbar dalam menyambut peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 76 tahun ini. Syukuran akbar dalam menyambut hari kemerdekaan di desa ini biasanya digelar meriah dengan membuat tumpeng raksasa yang kemudian dibacakan doa dan dibagikan kepada warga sekitar. Hal tersebut sebagai […]