Perangkat Desa & Kelurahan Diajarkan Praktik Pengelolaan Arsip

TVTABALONG – Pelaksanaan bimbingan teknis tertib arsip pada hari kedua, 8 April 2021, yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Tabalong, fokus para praktik tata cara pengelolaan arsip. Kali ini peserta yang merupak perangkat desa dan kelurahan diminta mempraktikkan cara pengelolaan arsip dinamis, arsip aktif maupun arsip in-aktif.

Pembersihan hingga penyimpanan arsip

Beberapa tahapan pengolahan arsip in-aktif, yang dipraktikkan bidang kearsipan, seperti pemilahan atau pembersihan arsip, pengikatan arsip lalu membungkusnya dengan kertas casing dan di ikat kembali, pendeskripsian arsip, memasukan ke boks arsip dan menulisnya di daftar pencarian arsip, dan terakhir penyimpanan di depo arsip.

Peserta bimtek tertib arsip praktikkan pengelolaan arsip

Kabid arsip, Rahma Norita menjelaskan, praktik pengelolaan arsip ini merupakan upaya bidang kearsipan membantu para aparatur Desa maupun Kelurahan, dalam menyimpan data penting terkait pemerintahannya masing-masing.

 “Begitu mereka ikut hari ini bimtek begitu mereka merasakan ini bimtek dan praktik mereka merasa ternyata loh arsip ini penting penyelamat bagi kami jadi arsip ini kami mengajarkan tentang proses pengelolaan dari daur yang kacau sampai tertata rapi.” Tutur Kabid Arsip, Rahma Norita.

Rahma menambahkan, arsip disimpan di tempat yang sejuk seperti ruangan ber-AC agar tidak rusak. Selain itu juga tidak diperbolehkan melobang arsip dan tindakan lainnya yang mengurangi keutuhan arsip. (Gazali rahman).

Next Post

Wujudkan Transparansi & Akuntabilitas, Perangkat Desa & Kelurahan di Tabalong Dilatih Tertib Arsip

Sen Apr 12 , 2021
TVTABALONG – Tertib arsip menjadi kebutuhan wajib yang harus diterapkan dalam pemerintahan Desa atau Kelurahan, dalam hal transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerinta. Karena pengelolaan arsip yang baik dan benar menjadi bukti bagi pemerintah Desa merealisasikan program kerja. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Tabalong pun memberikan bimbingan teknis terkait tertib arsip […]