Peralihan Dana APBDES Dalam Penanganan Covid 19

Tabalong – Pemerintahan Desa diminta untuk segera merancang perubahan anggaran pendapatn dan belanja desa tahun 2020. Hal tersebut telah disampaikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Tabalobg pada 12 kecamatan dan 121 desa, melalui media online.

Kebijakan perubahan APBDES diarahkan untuk pencegahan dan penanganan wabah covid-19 di desanya masing-masing. Instruksi perubahan APBDES ini pun telah sesuai dengan anjuran pemerintah pusat dan daerah dalam mencegah dan menanggulangi pandemi virus corona.

Kepala Desa juga diminta melakukan pergeseran belanja bidang dan sub bidang lain menjadi bidang penanggulangan bencana dalam mengantusupasi penyebaran wabah covid-19. Dana yg digunakan dalam penanganan covid-19 berasal dari belanja perjalanan dinas, bimtek, peningkatan kapasitas dan wawasan, serta dari berbagai belanja lainnya yang tidak urgent.

Kepala DPMPD Tabalong, Arianto mengatakan anggaran tersebut nantinya digunakan untuk memasok persediaan dalam pencegahan penyebaran covid 19, dan melakukan antisipasi penyebaran virus ini di tingkat desa.

“Jadi di desa sesuaikan bagaimana yang telah dilakukan kabupaten juga jadi di desa dapat melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi lokasi yang dianggap memang potensial terjadinya, seperti di sarana sarana umum fasilitas publik fasilitas sosial, fasilitas ibadah nah itu bisa dilakukan penyemprotan kemudian bisa memperbanyak tempat cuci tangan yg diberi sabun sehingga kebersihan bisa dijaga untk phbs di desa. Kemudian juga bisa untuk beli masker diarahkan kepada orang orang yang memang membutuhkan sesuai dengan petunjuk kesehatan klo memang orang orang yang menggunakan masker adalah orang yang sedang sakit” kata Arianoto.

Masing2 desa yang ada di tabalong juga diharapkan dapat membentuk relawan, guna memerangi covid 19, seperti halnya melakukan edukasi terkait pencegahan covid 19, mendata penduduk yg rentan sakit, mengidentifikasi ruangan desa yang dapat dijadikan tempat isolasi, melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai fasilitas umum, menyediakan alat dekteksi dini, dan menyediakan call center sebagai alat komunikasi pengaduan masyarakat terkait covid 19. (Gazali)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Berbagai Unsur Bersinergi Cegah Penyebaran Covid-19

Rab Apr 1 , 2020
Tabalong – Pemerintah Kabupaten Tabalong bekerjasama dengan Polres Tabalong dan Kodim 1008 Tanjung serta tim relawan dari berbagai unsur, secara serentak melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah tengah Kabupaten Tabalong. Penyemprotan dilakukan pada 31 Maret 2020, yang dimulai dari Pendopo Bersinar Pembataan. Tim Petugas Penyemprotan dilepas Bupati Tabalong Anang Syakhfiani bersama […]