Penggunaan Kontrasepsi Jangka Panjang Makin Diminati Warga Tabalong

TVTABALONG – Penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang, dalam beberapa tahun terakhir semakin diminati masyarakat tabalong. Beberapa diantaranya seperti pemasangan implant, IUD, tubektomi pada perempuan dan vasektomi pada laki-laki.

Meningkatnya minat masyarakat untuk menggunakan MKJP di Tabalong, tidak lepas dari upaya yang dilakukan DP3AP2KB Tabalong, dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Selain itu juga melakukan pelayanan pemasangan alat kontrasepsi keliling, seperti pemasangan implant dan IUD.

Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Ketahanan Kesejahteraan Keluarga DP3AP2KB Tabalong, rifansyah menuturkan, dalam beberapa tahun terakhir, rata-rata kepesertaan berKB yang menggunakan MKJP semakin meningkat. Di tahun 2021 Kabupaten Tabalong, bahkan ditargetkan diatas-rata provinsi dalam penggunaan MKJP.

“Masyarakat sudah mulai sadar dan kita arahkan ke MKJP karena mereka tahu bahwa MKJP lebih mudah dan kita sasarannya memang kesana. Kita sudah mencapai hampir 80% orang yang berKB di masyarakat berdasarkan laporan petugas KB di Kecamatan, dengan laporan itu kalau kita berpikiran sebanyak-banyaknya orang berKB kan tidak mungkin, makanya dengan MKJP itu kita mengukurnya berdasarkan tingkat pencapaian peserta MKJP itu. Rentra tahun 2019 kita sudah 13% yang berKB MKJP, tahun 2020 menjadi 14% dan tahun 2021 ini ditargetkan menjadi 14,5 % itu diatas rata-rata tingkat provinsi kepesertaan berKB menggunakan metode kontrasepsi jangka panjang.” Tuturnya.

Rifansyah menambahkan, dari 3 wilayah di Kabupaten Tabalong, wilayah utara mendominasi kepesertaan berKB MKJP. sedangkan realisasi MKJP terendah terjadi di wilayah selatan Tabalong, yakni Kecamatan Kelua, Banua Lawas, dan sekitarnya. (Sherly Nova Arianti).

Next Post

Ini Keunggulan Implant & IUD untuk Tunda Kehamilan..

Sen Mar 29 , 2021
TVTABALONG – Saat ini banyak metode alat kontrasepsi yang ditawarkan kepada pasangan usia subur khususnya wanita untuk menunda kehamilan atau tidak ingin memiliki anak lagi. Baik penggunaan non metode kontrasepsi jangka panjang seperti pil, suntik, dan kondom. Maupun penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang seperti implant, IUD, tubektomi atau metode operasi […]