Pengembangan Bandara Terkendala Status Aset, Ini Langkah DPRD

Tabalong – Pemerintah Kabupaten Tabalong baik eksekutif maupun legislatif telah sepakat untuk mengembangkan Bandara Warukin. Namun upaya pengembangan terkendala status kepemilikan aset. Yang mana lahan dimiliki Kementerian Keungan, dan runway serta bangunan diatasnya merupakan milik PT. Pertamina.

Kendala pengembangan ini pun dibahas dalam  rapat kerja unsur pimpinan dprd tabalong dengan Dinas Perhubungan, BPKAD, BPPRD, Inspektorat Daerah dan Kabag Perekonomian SDA Setda Tabalong, pada selasa 17 Maret 2020. Wakil ketua 1 DPRD Tabalong, Jurni mengatakan, akan melakukan konsultasi ke Kementerian dan PT Pertamina terkait langkah yang bisa dilakukan Pemerintah Tabalong, untuk meningkatkan penerbangan di Bandara Warukin.

“Rencana kami nanti akan ke Kementerian Perhubungan dulu minta arahan disana bagaimana langkah kami kalau memang kita memindah catatan aset yang ada di kementerian ke kementerian perhubungan mungkin upaya itu yang akan kita lakukan ataukah saran nya nanti memang  aset Pertamina yang diatas itu kita beli dan tanah nya kita minta hibahkan ke Pemerintah Kabupaten Tabalong setelah itu pengelolaan nya akan kita serahkan ke Kementerian Perhubungan. Kami yakin dengan cara seperti itu kita bisa meningkatkan penerbangan di Kabupaten Tabalong”  kata Jurni.

Jurni menambahkan, langkah tersebut diharapkan dapat meningkatkan penerbangan di Kabupaten Tabalong, mengingat Tabalong dekat dengan ibu kota. Pasalnya Bandara Warukin berpotensi menarik minat orang untuk berkunjung ke Kabupaten Tabalong. 

Untuk saat ini pihak DPRD belum bisa memastikan kapan akan melakukan konsultasi ke kementerian, karena pihaknya masih menunggu situasi aman Indonesia aman dari virus corona. (Sherly)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Waket 1 DPRD Tabalong Minta Rute Penerbangan Ditambah

Kam Mar 19 , 2020
Tabalong – Unsur pimpinan DPRD Tabalong, bersama Dinas Perhubungan, BPKAD, BPPRD, Inspektorat Daerah dan Kabag Perekonomian SDA Setda Tabalong, melakukan rapat, pada selasa, 17 Maret 2020. Ada beberapa hal yang dibahas dalam rapat ini salah satunya mengenai pengembangan Bandara Warukin, karena saat ini Bandara Warukin telah memiliki izin sebagai bandara […]