Penetapan Dan Penegasan Batas Desa/ Kelurahan Di Kabupaten Tabalong

Tabalong – Kabupaten Tabalong terdiri dari 12 wilayah Kecamatan yang terbagi atas 121 desa 10 kelurahan. Dari pembagian wilayah adminstrasi tersebut, terdapat 324 segmen batas desa kelurahan yang ada di Tabalong. Data tersebut disampaikan Bagian Tata Pemerintahan Setda Tabalong saat rapat kerja dengan Komisi 1 DPRD Tabalong pada Rabu 24 Juni 2020.

Menurut rilis data Bagian Tapem  akhir tahun 2019, dari 324 segmen batas desa dan kelurahan, sudah terselesaikan sebanyak 319 segmen atau sebesar 98,45 persen. Dan hingga saat ini masih ada 5 segmen batas desa, yang belum terselesaikan.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Tabalong, Arbuansyah mengatakan, untuk tahun 2021, kewenangan penyelesaian batas desa berpindah ke dinas pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa.

Alhamdulillah penanganan batas desa selama di pemerintahan kita sudah pencapai progres 98 persen dan mungkin ini menjadi yang terbaik se provinsi Kalsel cuma ada 5 segmen lagi yang belum kita selesaikan nah untuk tahun 2021 untuk batas desa itu sesuai dengan tupoksinya berada di dpmpd nantinya, nanti penyelesaian batas desa bukan di tata pemerintahan lagi tapi di DPMPD” Jelas Arbuansyah

Arbuansyah megharapkan, pemindahan tupoksi ke dpmpd, 5 segmen batas desa kelurahan yang tersisa, dapat diselesaikan. 5 segmen batas desa kelurahan yang belum selesai tersebut, yaitu batas Desa Kembang Kuning dengan Bilas, Uwie dengan Binjai, Kambitin Raya dengan Wayau, Bilas dengan kaong, dan santuun dengan Garagata.

Penegasan batas desa kelurahan bertujuan untuk memberikan tanda batas wilayah antar desa kelurahan secara pasti, baik di lapangan maupun di peta. (Sherly)

Next Post

Di Tengah Pandemi Corona, Pembangunan Infrastruktur Tetap Berjalan Sebanyak…

Kam Jul 2 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Pemerintah pusat telah mewajibkan setiap satuan kerja ditingkat atas hingga kabupaten untuk melakukan realokasi anggaran setidaknya 50 persen. Hal ini berlaku juga pada anggaran Dinas PUPR Tabalong, yang menyebabkan melambatnya pembangunan infrastruktur di Tabalong. Paket […]
error: