Pendaftaran Calon Kades Berakhir, Ini Tahapan Selanjutnya…

TABALONG – Pendaftaran calon kepala desa pada pilkades serentak gelombang dua Tabalong, berakhir pada 19 Agustus 2021. Panitia pelaksana akan melanjutkan pilkades ke tahapan verifikasi administrasi calon Kepala Desa, hingga penetapan calon dan pengambilan nomor pilih.

Proses tahapan pilkades untuk 64 desa di Tabalong terus dilanjutkan meski kementerian dalam negeri telah mengeluarkan surat putusan untuk menunda pelaksanaan pilkades. Kabid Pemerintah Desa DPMPD Tabalong, Pahrudin, menjelaksan, dari kesimpulan rapat bersama,  tahapan pilkades Tabalong saat ini tetap dilanjutkan karena masih dalam proses administrasi yang dikerjakan panitia, sehingga tidak menimbulkan kerumunan. Sedangkan yang dimaksud kemendagri, penundaan dilakukan pada proses pencoblosan.

“ dari keluarnya surat kementerian dalam negeri itu kita tarik ke depan selama dua bulan itu masih dalam ranah-ranah kerja panitia dalam hal pengadministrasian, jadi kami mencermati kementerian dalam negeri itu mengatakan bahwa untuk hal Penundaan itu, itu mempunyai pengertian adalah momentum untuk pencoblosan.” Kata Kabid Pemerintah Desa DPMPD Tabalong, Pahrudin.

Pahrudin menambahkan, untuk di Tabalong sendiri, pilkades serentak gelombang kedua direncanakan akan dilaksanakan pada 6 November 2021. Tanggal tersebut melewati tanggal penundaan dari surat edaran Mendagri, akan tetapi pihaknya akan tetap mengikuti sesuai kebijakan yang di keluarkan daerah. (Gazali Rahman).

Next Post

258 Bakal Calon Kades Bikin Surat Pernyataan Bebas Pidana

Sen Agu 23 , 2021
TABALONG – Sejak awal agustus lalu, Pengadilan Negeri Tanjung Kelas II kebanjiran permintaan penerbitan surat pernyataan bebas pidana. Bahkan hingga 19 Agustus 2021, Pengadilan Negeri Tanjung telah menerbitkan 258 surat pernyataan bebas pidana. Pemohon surat pernyataan bebas pidana ini didominasi warga yang ingin mencalonkan diri sebagai kepala desa. Pasalnya surat […]