Pemprov Kal-Sel Salurkan Bantuan Benih Lahan Pertanian yang Rusak Akibat Banjir

TABALONG – Banjir yang melanda Kabupaten Tabalong membuat sebagian besar lahan pertanian warga, terutama area persawahan rusak.

Sebanyak 60 hektar lahan sawah dan 112 hektar lahan semaian diseluruh wilayah Kabupaten Tabalong rusak berat akibat banjir ini. Senin (25/01).

Di Kecamatan Jaro kerusakan lahan sawah mencapai 37 hektar. Di Kecamatan Muara Uya 9 hektar, dan di Kecamatan Haruai 14 hektar. Sedangkan kerusakan lahan semaian diantaranya, 25 hektar di Kecamatan Haruai, 86 hektar di Kecamatan Tanta, dan 1 hektar di Kecamatan Tanjung.

Untuk meringankan beban petani, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Tabalong, Rahman Effansyah menjelaskan, pihaknya sudah mengirimkan data kerusakan lahan akibat banjir ke pemerintah provinsi kalsel. Data digunakan untuk mendapat bantuan bibit dari Pemerintah Provinsi.

jadi kemarin tuh kan kami mengumpulkan data dulu dari mantri tani berapa yang terdampak berapa yang atau rusak jadi setelah terkumpul data itu kan kita fokus pada yang rusak kalau yang terdampak biasanya dilewati air jatuh bisa dikembalikan kadang-kadang kalau yang melewati lumpur banjir itu bisa lebih subur karena kan itu ada unsur hara yang dibanjiri tetapi itu yang bagi yang tidak terdampak yang tidak kalau yang rusak biasanya yang masih kecil yang masih berapa hari tanam atau kemudian nih semaian bisanya ada yang rusak juga jadi itu kita kumpulkan data nya kemudian setelah itu kita kita ada bantuan dari rencana dari provinsi kita kirim data dan bentuk benih jadi bentuknya benih-benih biasanya 25 kilo per hektar bantuan benih mudah-mudahan secepatnya itu.” Tutur Effan panjang lebar.

Benih yang akan disalurkan nantinya berupa varietas unggul benih lokal, seperti Si Hirang dan Infari.

Benih jenis tersebut dipilih lantaran sebagian besar masyarakat Tabalong menggunakan benih jenis tersebut. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Komisi I DPRD Tabalong Dukung Langkah Dinsos Tingkatkan Bantuan Untuk Panti Asuhan

Sen Jan 25 , 2021
MABU’UN – Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, meningkatkan anggaran untuk yayasan panti asuhan yang terdaftar di DINSOS, pada APBD tahun 2021. Hal ini disampaikan dalam rapat kerja antara DINSOS dengan Komisi I DPRD Tabalong, di gedung Graha Sakata. Senin, (25/01). Peningkatan anggaran ditujukan untuk 10 yayasan yang terdaftar di Dinas Sosial […]