Pemkab Tinjau Kembali Penyusunan Masterplan & Quick Win Smart City

Penyusunan Masterplan & Quick Win Smart City, di gedung Informasi, Senin, (9/9/2019)

TVTABALONG – Keluarnya keputusan tentang rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur, membuat berbagai kebijakan arah pembangunan Tabalong menjadi berubah. Salah satunya ialah penyusunan master plan smart city, dimana sebelumnya Tabalong dinobatkan sebagai satu dari 100 Kabupaten kota di Indonesia, yang masuk dalam program 100 Smart City.

Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Tabalong, Pebriadin Hafiz menuturkan, pihaknya bersama SKPD terkait harus me-review kembali master plan dan quick win smart city, yang sebelumnya telah disusun. Tinjauan tersebut dinilai penting. Pasalnya dengan keluarnya kebijakan rencana pemindahan ibu kota negara yang terbilang dekat dengan Tabalong, tentu arah pembangunan Tabalong ke depan perlu di selaraskan.

Beberapa hal yang menjadi isu strategis dalam review master plan kali ini, ialah kebijakan mengenai isu ekonomi, infrastruktur, dan penyediaan layanan publik.

Salah satunya mengantisipasi ketersediaan rumah sakit, agar siap memberikan pelayanan kesehatan bagi wilayah dekat dengan ibo kota negara baru, yang mana secara otomatis penduduk akan bertambah.

“kita harus lakukan perubahan mindset. Jika kemaren kita adalah pintu belakang Provinsi Kalsel, ke depan kita menjadi pintu depan provinsi Kalsel” jelas Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Tabalong, Pebriadin Hafiz

“Kalau mengingat jarak yang begitu dekat, sekitar 200 km, maka kita menjadi bagian terdepan dari kabupaten lain yang menjadi penyangga ibu kota”tambahnya

Pebriadin menambahkan, keputusan akhir master plan smart city dan quick win, akan ditentukan rencananya 9 oktober 2019. Selanjutnya sesuai arahan pimpinan daerah Tabalong, pada momen Hari Jadi Kabupaten Tabalong, diharapkan beberapa program quick win smart city akan dilaunching.

Syarif Hidayat

Tinggalkan Balasan

Next Post

TP PKK Tabalong Santuni Anak Yatim dari 12 Kecamatan

Rab Sep 11 , 2019
Peristiwa bersejarah Islam pada 10 muharram, diperingati Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong dengan menyantuni sejumlah anak yatim dari 12 kecamatan se-Kabupaten Tabalong. Santunan yang menjadi agenda rutin tahunan ini, tahun ini menyasar lebih banyak anak yatim piatu.
Featured Video Play Icon