Pemkab Tambah Penyertaan Modal Bagi Perumda

TVTABALONG – Pemerintah daerah telah menunjuk Perusahaan Umum Daerah Tabalong Jaya Persada, untuk bekerjasama dengan UPPB yang ada di Tabalong, dalam memasarkan bokar bersih.

Untuk mendukung program tersebut, Pemerintah Daerah berikan penyertaan penambahan modal pada Perumda, sebesar Rp 3 milyar. Rp 1 milyar diantaranya diperuntukkan bagi permodalan UPPB yang aktif.

Hal tersebut dibahas dalam rapat koordinasi pada Senin (6/01/2020), di Aula Penghulu Rasyid Tanjung. Dalam pembahasan ini, juga disepakati sistem bagi hasil 60 persen bagi UPPB dan 40 persen bagi Perumda.

Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Setda Tabalong Husin Ansari, menjelaskan, langkah pemerintah daerah ini untuk mensejahterakan para petani karet. Pasalnya melalui UPPB, petani dapat teredukasi tentang pengolahan bokar bersih yang berkualitas, sehingga Perumda dapat mencarikan pasar yang sesuai dengan kualitas karet.

“Jadi antara UPPB dan Perumda kita menggunakan konsep syariah. Secara umum presentasenya itu 40 persen untuk perumda dan 60 persen untuk UPPB. Itu bersih setelah dipotong biaya operasional dan lain-lain”jelas Husin

“tapi konsep intinya adalah UPPB membeli getah di petani dengan harga lebih tinggi, sehingga petani tidak dirugikan dan mendapat keuntungan maksimal”tambahnya

Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan dapak positif bagi para petani karet di Tabalong. Hal ini merupakan upaya pemerintah memperbaiki pendapatan petani karet di Tabalong, yang masih memiliki nilai tawar rendah atas produk yang dihasilkan.(Normansyah)

Next Post

Pembangunan Tabalong Fokus Pada Perekonomian

Rab Jan 8 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email TVTABALONG – Perencanana pembangunan di Tabalong, akan fokus pada pengembangan ekonomi sesuai potensi daerah, khususnya di sektor industri, perdagangan, dan pertanian. Hal tersebut disampaikan Kepala Bappeda Tabalong, Mahdi Noor, pada Selasa (7/01/2020). Mahdi noor menjelaskan, dalam 5 […]
error: