Pemkab Tabalong Terima Aset 2 TPS 3R Dari Kementerian PUPR RI

Tabalong – Pemerintah Kabupaten Tabalong menerima aset dari Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Aset yang diterima  berupa dua unit pembangunan tempat pengelolaan sampah, Reuse, Reduce, Dan Recycle, atau (TPS Tigar) , yang berlokasi di Padang Panjang dan Warukin. Serah terima aset dilakukan secara virtual, pada Jumat 16 Oktober 2020, di Aula Nan Sarunai Setda Tabalong.

Melalui virtual, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani menyampaikan kepada Kepala Balai PWW Kalsel dan peserta zoom, agar program ini dapat dilanjutkan. Pasalnya dalam beberapa tahun terakhir tingkat kesadaran masyarakat akan hadirnya TPS tigar semakin meningkat, sehingga dapat menjadi momen yang tepat untuk melanjutkan program ini. Bupati anang menekankan, saat ini yang diperlukan untuk kelanjutan program ini ialah transfer knowledge, atau berbagi pengetahuan, dari para ahli yang ada di balai kepada masyarakat, tentang pentingnya pengelolaan sampah melalui tps tigar ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Rowi Rawatianice menjelaskan, program ini merupakan upaya meningkatkan pengelolaan persampahan, karena tps tigar berfungsi sebagai tempat pengolahan sampah, pemilahan, hingga menjadi residu yang siap dibuang ke TPA. Selain itu TPS 3R juga menjadi wadah edukasi pengelolaan sampah, bagi masyarakat.

Upaya untuk meningkatkan pengelolaan persampahan utamanya di proses pengurangan ya, karena di TPS 3R ini adalah fungsinya disana adalah tempat pengolahan jadi mulai diambil dari sumber, di sana dilakukan pengolahan, pengolahannya adalah pemilahan, kemudian pengomposan dsb lengkap disana, ketika residu baru akan dibuang ke TPA. Jadi ini adalah sebuah wadah bagi masyarakat untuk beredukasi.” Kata Rowi Rawatianice

Rowi berpesan kepada kelompok pemanfaat dan pemelihara TPS tigar, yang sebelumnya sudah mengikuti capacity building, agar dapat mengikuti pedoman yang telah diberikan, sehingga TPS tigar berjalan dengan maksimal dan optimal untuk layanan kepada masyarakat. Apalagi saat ini di kabupaten tabalong sudah ada lima buah TPS tigar, yaitu di Padang Panjang dan Warukin yang baru diserahkan hari ini, serta tiga lainnya berlokasi di Tanjung Selatan, Maburai, dan Flamboyan.

Next Post

Ketua DPRD Tabalong Terima Piagam Penganugerahan Tokoh Pemerhati Seni Budaya Dari Dewan Kesenian Tabalong

Rab Okt 21 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Ketua DPRD Tabalong, Mustafa, menerima piagam penganugerahan sebagai tokoh pemerhati seni budaya dari Dewan Kesenian Tabalong, pada Jum’at 16 Oktober 2020 di Ruang Kerja Ketua DPRD Tabalong. Mustafa menyampaikan terimakasih atas penghargaan yang diberikan dari […]
error: