Pemkab Tabalong Segera Lanjutkan Pembangunan Kebun Raya Tanjung Puri

TVTABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong berencana melanjutkan pembangunan kebun Raya Tanjung Puri dalam waktu dekat. Hal tersebut dibahas dalam rapat koordinasi yang digelar pemerintah kabupaten tabalong pada 14 april 2021 di Aula Tanjung Puri Setda Tabalong.

Pemkab akan lakukan land clearing seluas 26 hektar

Dalam rapat ini, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani Bersama Dinas terkait membahas langkah awal kelanjutan pembangunan Kebun Raya Tanjung Puri, dengan kegiatan land clearing pada tahun ini. Land clearing rencananya akan dilakukan di lahan seluas 26 hektar. Bupati anang mengupayakan agar land clearing dapat dilakukan dengan dana CSR PT ADARO.

 “ Kalau kira-kira biaya land clearing ini secara keseluruhan, saya akan coba manfaatkan dana csr adaro, jadi kalau misalnya habis 200 juta atau 300 juta, tinggal se hektarnya berapa kalau se hektar misalnya 10 juta, berarti 26 hektar 260 juta nah ini kita kerjasamakan dengan kodim kita minta imabayan, nah yang kedua, begitu kita lakukan land clearingnya, segera.” Kata Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani.

Pembangunan Kebun Raya Tanjung Puri sempat tertunda akibat pandemi covid-19. Padahal tahun ini pemkab menargetkan dapat me-launching Kebun Raya ini, namun karena relokasi anggaran, kelanjutan pembangunan ditunda untuk penanganan covid-19. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Rowi Rawatianice, sebagai leading sektor program ini mengatakan, Pembangunan Kebun Raya Tanjung Puri akan dilakukan bertahap. Pasalnya dana yang dibutuhkan untuk membangun Kebun Raya tersebut, memerlukan biaya besar.

(sot: rowi rawatianice, kepala dinas lingkungan hidup tabalong) “Seperti yang tadi disampaikan kita mungkin nanti kedepan sesuai dengan budget yang tersedia kita paling tidak akan memberikan tanda ada kebun raya disitu, seperti itu, kita tidak bisa menyulap seperti sim salabim karena seingat saya waktu master plan itu disusun kurang lebih 200 apa 300 milyar untuk mewujudkan itu semua, nah kalo kita menunggu duit sebanyak itu kapan jadinya, tapi kita pelan tapi pasti akan menyelesaikannya.” Kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup tabalong, Rowi Rawatianice.

Kebun Raya Tanjung Puri, rencananya akan dibangun dengan tujuan menjaga keseimbangan ekosistem Tabalong. Pemkab Tabalong berencana menanam berbagai jenis tumbuhan khas Kalimantan di Kebun Raya tersebut, sehingga bisa dijadikan sebagai pusat penelitian dan pendidikan botani. Kebun raya juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk rekreasi. (Arie Arieyadi).

Next Post

MUI Tabalong: Vaksinasi Tidak Membatalkan Puasa

Sen Apr 19 , 2021
TVTABALONG – Untuk mempercepat penanggulangan covid-19, Pemerintah menargetkan pelaksanaan vaksinasi covid-19 menjangkau 181,5 juta orang, atau 70 persen dari penduduk Indonesia di tahun 2021. Untuk mencapai target tersebut, Pemerintah terus melakukan vaksinasi meski tengah dalam  bulan Ramadhan. Mengacu pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia nomor 13 tahun 2021 tentang hukum vaksinasi […]