Pemkab Tabalong Rakor Bersama KPK & Kementerian ATR, Ini Yang Dibahas

Tabalong – Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah Tabalong, menggelar rapat bersama Komisi Pemberantasan Korupsi Wilayah 8 Kalsel, Kementrian Agraria Dan Tata Ruang, Dan Badan Pertanahan Nasional Kantor Perwakilan Kalimantan Selatan, pada 12 Mei 2020, melalui video conference jarak jauh.

Dalam rapat ini dibahas salah satunya mengenai pembayaran PBB dan BPHTB secara online. Kabupaten Tabalong sendiri telah menerapkan kebijakan pembayaran kedua jenis pajak tersebut secara online, sejak desember 2019 lalu, serta sudah mendapat supervisi dari KPK.

Beberapa kendala dalam poses pelaksanaan pajak online tersebut juga didiskusikan dalam rapat, yang mana kendala hanya terjadi pada sistem aplikasi. Kepala Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kabupaten Tabalong, Erwan Mardani menjelaskan, meski sempat terkendala, namun penerapan BPHTB dan PBB Online, lebih banyak berdampak kepada hal positive,dan bisa menjadi penyemangat bagi pihaknya untuk meningkatkan pelayanan wajib pajak di tabalong .

“Tentu ada ya kendala kendala teknis tapi itu bisa kita atasi, saya kira itu lebih banyak dampak positive nya, nah kendala pasti adaya yang namanya aplikasi online itu pasti ada, tapi ini menjadi penyemangat kami untuk terus meningtkatkan layanan kepada wajib pajak di Kabupaten Tabalong ini.” Kata erwan

Manajemen penerapan pajak online ini juga sudah terkoneksi dengan Badan Pertanahan Nasional Daerah, maupun provinsi,serta dengan Pusat Data Informasi Kementrian ATR dan Badan Pertanahan Nasional Pusat.

Erwan mengatakan untuk sembilan jenis pajak di Tabalong sudah diterapkan sistem online, dan disusul BPHTB serta PBB Online, yang saat ini masih dalam proses penyempurnaan oleh pihaknya, terhadap sistem pendaftaran pada PBB Online. (Rangga)

Tinggalkan Balasan

Next Post

10 Pelaku UMKM Tabalong Terima Kredit Tanpa Bunga

Rab Mei 20 , 2020
Tabalong – Bank Kalsel Cabang Tanjung, menyerahkan pinjaman tanpa bunga bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah dari kelompok usaha Al Muhajirin dan Al Fatih, dari Komunitas Jika Maka. Kredit tanpa bunga ini diserahkan kepala Bank Kalsel Cabang Tanjung pada Bupati Tabalong, yang dilanjutkan kepada pelaku Pinjaman tanpa bunga sebesar […]