Pemkab Tabalong: Peluang Pasar & Peluang Usaha Tanaman Jagung Menjanjikan

TVTABALONG – Pemerintah saat ini gencar mendorong pembudidayaan tanaman pokok salah satunya jagung. Kelompok tani sinar pagi Desa Bintang Ara Kecamatan Bintang Ara menjadi salah satu kelompok tani di Tabalong yang menjalankan program tersebut, dengan menanam jagung jenis pakan ternak di lahan 10 hektar.

Penanaman perdana dilakukan pada 2 Juni 2021, yang turut dihadiri Dinas Pertanian serta Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Syamsul hadi. Dalam kegiatan ini syamsul hadi menyampaikan bahwa potensi pemasaran hasil panen jagung ini masih luas. Terlebih pemkab tabalong telah menjalin kerjasama dengan pabrik pakan ternak di kabupaten pelaihari, untuk membeli hasil panen para petani.

 “terkait pemasaran para petani juga tidak perlu khawatir sebab daerah kita juga melakukan m-o-u  dengan pabrik di pelaihari dengan pembelian jagung dengan produksi per hektar 5 sampai 12 ton dengan harga yang cukup baik, informasi yang saya peroleh harga jagung titilan di tingkat petani per kg ada 3.500 sedang tongkolan ini 3000 – 3200 per kg tergantung kadar air, sedang untuk harga langsung jual ke pabrik di pelaihari untuk titilan 4500 harga tongkolan 3700 per kilogram ” Kata Syamsul Hadi – Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan Dan Pembangunan Setda Kabupaten Tabalong.

Dalam sambutannya, syamsul hadi meminta Kelompok Tani Sinar Pagi untuk memantapkan pengembangan jagung, sehingga hasil produksi meningkat. Terutama dalam memenuhi permintaan pabrik. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Ponpes Hidayatullah Panen Perdana Budidaya Ikan Sistem Bioflok

Sen Jun 7 , 2021
TVTABALONG – Pondok Pesantren Hidayatullah melakukan syukuran dan panen ikan nila bioflok, untuk yang pertama kalinya, pada 3 Juni 2021. Panen kali ini dihadiri asisten perekonomian dan pembangunan setda tabalong, yuhani, kepala balai perikanan budidaya air tawar mandiangin, Andy Artha Donny Oktopura, Kepala Dinas Perikanan Tabalong, Kepala Pondok Pesantren Hidayatullah, […]