Pemkab Tabalong Ikuti Webinar Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2021

TVTABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong, mengikuti rapat koordinasi nasional pengawasan intern pemerintah tahun 2021, yang digelar virtual pada 27 Mei 2021 di wisma tamu bersinar pembataan. Rapat ini bertema kawal efektivitas belanja untuk pulihkan ekonomi.

Webinar dibuka Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya Jokowi menyampaiakan beberapa aspek penting dalam pengawalan efektivitas belanja pulihkan ekonomi, sesuai tema yang diangkat. Pertama Jokowi menegaskan bahwa peran utama pengawasan adalah menjamin tercapainya tujuan pemerintah, menjamin tercapainya program, menjamin tercapainya belanja anggaran secara akuntabel, efektif dan efisien, serta mencapai target-target yang telah ditetapkan untuk memberikan hasil atau manfaat yang terbaik untuk masyarakat.

Presiden Joko Widodo juga mengingatkan dengan keras, agar tidak ada anggaran yang disalah gunakan. Ia menegaskan tidak akan mentolerir tindakan korupsi. Tahun 2021 adalah tahun percepatan ekonomi nasional, pemerintah telah menyiapkan dana pemulihan ekonomi nasional hampir 700 triliun, yang harus direalisasikan secara cepat dan tepat sasaran.

Jokowi menambahkan, percepatan belanja pemerintah harus terus dikawal dan ditingkatkan. Pasalnya biaya realisasi pemerintah masih rendah sekitar kurang lebih masih 15% untuk APBN, dan 7% untuk APBD, serapan belanja pemulihan ekonomi juga masih rendah di angka 24,6%.

Sebelum menutup sambutannya, Jokowi menuturkan, efektivitas pengawasan intern memerlukan komitmen dan manajemen yang baik. Dirinya juga berharap agar hal tersebutĀ  ditindaklanjuti dengan serius, oleh menteri, kepala lembaga, kepala daerah, atas rekomendasi dari hasil pengawasan, BPKP atau badan pengawasan keuangan dan pembangunan. (Gazali Rahman).

Next Post

PGRI Tabalong Dukung Pelaksanaan Vaksinasi Guru

Sel Jun 1 , 2021
TVTABALONG – Vaksinasi covid-19 di Tabalong akan menyasar tenaga pendidikan menjelang pelaksanaan pembelajaran tatap muka. Pelaksanaan vaksinasi bagi guru akan dimulai bulan depan, dengan sasaran lebih dari 4 ribu guru setingkat PAUD, SD, hingga SMP. Pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan secara bertahap di 12 kecamatan yang diawali dari wilayah selatan. Ketua […]