Pemkab Tabalong Bentuk Tim Terpadu Penertiban Miras

TABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong membentuk tim terpadu pengawasan penertiban peredaran minuman beralkohol pada 27 September 2021. Tim terpadu ini terdiri dari beberapa SKPD terkait seperti Disperindag, Disporapar Tabalong, Satpol PP, TNI, serta Polri.

Sesuai dengan perda nomor 3 tahun 2007, kriteria minuman beralkohol yang harus diawasi dibagi menjadi 3 golongan. Pertama golongan A, yaitu minuman beralkohol dengan kadar ethanol 1 sampai 5 persen. Golongan B, minuman beralkohol dengan kadar ethanol dari 5 sampai 20 persen. Serta golongan c yang merupakan golongan paling tinggi yaitu minuman beralkohol dengan kadar ethanol lebih dari 20 hingga 55 persen.

Kepala Disperindag Tabalong, Husin Ansari, mengatakan, pihaknya dan tim terpadu akan membuat surat kepada pengusaha yang menjual minuman beralkohol untuk ditindaklanjuti dilapangan. Di Tabalong sendiri hanya ada 1 tempat yang diberi izin menjual minuman beralkohol. Jika terdapat pengusaha yang kedapatan tidak mengantongi izin atau menjual bebas, maka akan ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku.

“Jadi hasil dari rapat pada hari ini kami akan membuat surat kepada pengusaha yang menjual minuman beralkohol di TABALONG, setelah dilakukan pembuatan surat tersebut akan kami tindaklanjuti dengan sama sama turun kelapngan dengan tim terpadu tadi” ,”dan nanti apabila kami temukan tidak ada izin, maka akan kami lakukan tindakan bersama dengan aparat kepolisian, tindakannya bisa penyitaan dan akan kami proses secara hukum sesuai dengan ketentuan” Kata Husin Ansari, Kepala Disperindag Tabalong.

Husin juga mengatakan, pihaknya akan menertibkan minuman fermentasi beralkohol seperti tuak. Sesuai dengan aturan yang ada, minuman tradisional tersebut hanya untuk diminum pada saat tertentu dalam skala terbatas, seperti upacara adat atau tradisional, diluar dari kegiatan tersebut tidak diperbolehkan untuk diedarkan. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Vaksinasi Bagi 1000 Santri Sasar 3 Ponpes di Tabalong

Sen Okt 4 , 2021
TABALONG – Badan intelijen negara berkerjasama dengan Kementerian Agama Tabalong melakukan vaksinasi bagi santri pondok pesantren, pada 27 September 2021. Vaksinasi menyasar seribu santri dari 3 pondok pesantren, salah satunya santru di ponpes nurul mustofa mabuun. Vaksin dosis pertama ini juga dilakukan di Ponpes Al Islam Kabitin, Serta Ponpes Al […]