Pemkab Ajak Warga Berjemur Setiap Pagi

Tabalong – Melalui surat edaran, Bupati Tabalong mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mengikuti gerakan berjemur di bawah sinar matahari. Gerakan ini mulai diterapkan pada 26 Maret 2020, dan direncanakan hingga 22 April 2020.

Gerakan berjemur ini, sebagai ikhtiar untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami, sehingga terhindar dari paparan berbagai virus dan penyakit, termasuk yang saat ini tengah mewabah, yaitu covid-19. Gerakan berjemur ini dianjurkan antara jam 10 pagi hingga jam 12 siang, selama 15 menit.

Di hari pertama gerakan ini dijalankan oleh pagawai Pemkab Tabalong, serta diikuti Bupati Anang dan Wakilnya Mawardi. Meski dilaksanakan bersamaan, masing-masing individu memberi jarak antar orang, untuk menghindari kontak langsung. Bupati Anang menjelaskan, berjemur telah menjadi tradisi lokal yang harus dipertahankan, karena mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

“Ini sudah sejak zaman bahari, mereka ke sawah berjemur dan sebagainya, berarti ini adalah kearifan lokal. Kemudian kami mendapatkan informasi dan masukan dar iteman-teman kesehatan secara medis berjemur ini bagus mendapatkan sinar ultraviolet, oleh sebab itu kita mencontoh ternyata berjemur itu baik, jadi lanjutkan saja berjemur melalui aktifitas. Harapan kami adalah ini dapat terus berlanjut. ”ujar Anang Syakhfiani.

Selain pejabat pemkab, imbauan berjemur ini juga diikuti masyarakat Tabalong. Salah satunya keluarga Simamora. Ia bersama anggota keluarga yang lain turut berjemur, sesuai imbauan bupati Tabalong. Gerakan berjemur ini ia lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, agar terhindar dari paparan virus corona.

“ya kita sesuai dengan himbauan bapak bupati, sesuai intruksi makanya kita dari tadi jam sebelum 10:00 kita sudah ada di depan untuk berjemur, karena itu salah satu yang dapat kita lakukan untuk melawan wabah yang muncul sekarang, intruksi itu begitu kami hargai, sangat penting. Banyak yang kami lakukan saat berjemur supaya berkeringat“ katanya.

Gerakan berjemur pagi pukul 10 selama 15 menit ini dilaksanakan selama 28 hari berturut turut. Terhitung sejak 26 maret hingga 22 april 2020, atau dua hari sebelum bulan suci ramadhan. (Maimun)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Berjemur Pagi Mampu Tingkatkan Imun Tubuh, Simak Penjelasannya…

Jum Mar 27 , 2020
Tabalong – Di tengah pandemi virus corona atau covid-19, aktivitas berjemur dibawah sinar matahari sangat dianjurkan. Karena berdasarkan pandangan medis, berjemur merupakan cara alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Ketika daya tahan tubuh meningkat, maka akan terhindar dari paparan berbagai virus. Berjemur lebih disarankan untuk dilakukan antara pukul 10 […]