Pembangunan Irigasi Di Padangin, Warga : Bagus, Mampu Lancarkan Banyu

Tabalong – Inilah saluran irigasi sepanjang 260 meter yang berada di desa padangin RT 1, kecamatan muara harus, yang terpantau pada Rabu 2 Februari 2022. Saluran irigasi ini dibangun dinas pupr tabalong menggunakan apbd tahun 2021, sebesar 320 juta rupiah.

Pembangunan irigasi ini disambut baik petani setempat, hasan. Ia menjelaskan fungsi utama irigasi untuk mengeluarkan air berlebih yang sering kali membanjiri area persawahan. Air yang berlebih kini mengalir keluar dari area persawahan dengan lancar, ditambah dengan adanya pintu air sebagai kontrol keluar – masuk air.

 “Ya bagus ini untuk sawah, untuk melancarkan banyu, untuk membuang. Ya sebelumnya karancakannya itu kebanjiran, dalam pang banyunya disini, jadi ada ini lalu keluar banyunya, ditahan bisa, dikeluarkan bisa.” Kata Hasan, Petani Asal Padangin RT 1.

Tanggapan serupa disampaikan petani lain, maskuni. Ia juga menceritakan, mereka biasanya panen dua kali setahun pada musim berbeda, dan hasil dari keberadaan irigasi ini mulai terlihat di masa panen musim hujan sekarang.

 “Wah bagus, artinya masyarakat disini sanang airnya capat turun. Kalo di desa Padangin ini 2x setahun panen, ada musim kemarau, ada musim hujan. (Nah seapaan diolahkan ini pang kayapa pak?) Bagus sudah banihnya sudah mulai batian.” Kata Maskuni, Petani Asal Padangin RT 1.

Saluran irigasi ini terhampar sepanjang 260 meter, dari area persawahan hingga anak sungai Tabalong di seberang jalan utama desa, yang merupakan titik akhir pembuangan apabila area persawahan digenangi air berlebih. (Alfi Syahrin).

Next Post

Road Race Tabalong Berlangsung 5-6 Februari 2022

Kam Feb 3 , 2022
Tabalong – Dalam rangka hari ulang tahun ke 56 Kabupaten Tabalong, Tabalong Otomotif Club (TOC) bersama ikatan motor Indonesia Kalimantan Selatan akan menggelar event kejuaraan road race yang akan diselenggarakan di sirkuit marido pada 5 dan 6 Februari 2022. Persiapan sudah dilakukan oleh panitia penyelenggara sejak sebulan lalu. Mulai dari […]