Pemakaman Utama Hampir Penuh, Kecamatan Murung Pudak Miliki TPU Baru Berkapasitas 1000 Makam

Tabalong – Camat Murung Pudak bersama seluruh UPBS kecamatan Murung Pudak, kepala desa, bhabinsa, bhabinkamtibmas, serta tokoh relawan, bergotong royong membersihkan taman tempat pemakaman umum, TTPU, yang baru dibuka. Pemakaman ini berlokasi di jalan pertamina enam Kelurahan Belimbing Raya Kecamatan Murung Pudak.

Camat Murung Pudak, Halim menjelaskan pemakaman baru ini dibuka karena tempat pemakaman muslim pertamina yang berada disamping kantor camat murung pudak hampir memenuhi kapasitas. Oleh sebab itu hari ini pihaknya telah melakukan gotong royong untuk pembukaan Taman Tempat Pemakaman Umum (TTPU) tersebut.

Hari ini kami dengan kawan kawan dari UPBS di lingkup kecamatan Murung Pudak ada beberapa UPBS melaksanakan gotong royong pembersihan area pemakaman umum dimana pemakaman ini baru di kecamatan Murung Pudak kenapa kita melakukan pemberdihan disini karena pemakaman samping kantor kecamatan dan kua itu sudah hampir memenuhi kapasitas jadi dsini insyaallah nanti kalo ada warga kita dari kecamatan murung pudak yang ingin melakukan pemakaman kita pindah kesini sementara” Ucap Halim

TTPU ini nantinya dapat menampung sekitar seribu pemakaman yang dapat digunakan warga kecamatan murung pudak. Dalam hal pemakaman, pihak keluarga bisa menggunakan jasa komplit dari pengurus makam, dengan biaya 500 ribu rupiah yang dibagikan untuk pengurus dan kas perawatan makam. Tetapi jika warga telah memiliki rukun kematian juga bisa mengurus pemakaman sendiri dan tidak dipungut biaya, asalkan tetap mengikuti prosedur yang diarahkan pengurus makam.

Pengurus makam, Muhammad Masyur menjelaskan, pemakaman disini nantinya juga akan dilengkapi dengan taman bunga untuk kepentingan orang yang berziarah. Sehingga para peziarah dapat mengambil secukupnya bungan di taman.

Juga untuk pemeliharaan dan perawatan disini tadikan ada taman, taman tadi kita lengkapi dengan tanaman tanaman bunga yang dimanfaatkan oleh orang ziarah kesini salah satu diantaranya melati, kenanga mungkin mawar nah itu salah satu diantaranya” ujar Masyur

Pengurus makam berharap pemerintah setempat dapat melengkapi fasilitas seperti toilet, musholla, taman maupun kebutuhan lainnya sebagainya. (Gazali)

Next Post

Realisasi PBB P2 Desa Kinarum Tertinggi Di Kecamatan Upau

Sel Jun 9 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Kabupaten Tabalong, melakukan pengundian hadiah bagi wajib pajak pbb p2 tahun 2019, di kecamatan upau pada 5 juni 2020. Pengundian ini dikhususkan bagi wajib pajak pbb p2, yang melunasi pajaknya […]
error: