PDAM Akan Laksanakan Program Hibah Air Minum Perkotaan Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

TVTABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong tengah berupaya agar masyarakat berpenghasilan rendah di Tabalong bisa mendapat program Hibah Air Minum Perkotaan dari Kementerian PUPR. Hal ini diungkapkan PDAM Tabalong saat rapat kerja dengan Komisi 2 DPRD Tabalong di ruang rapat Graha Sakata, Selasa (29/10/2019).

Untuk tahun 2020, pihak PDAM telah mendata sebanyak 2.178 calon pelanggan  yang merupakan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), sebagai sasaran program hibah air minum. Calon pelanggan sasaran program tersebut, tersebar di 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Tanjung, Tanta, Murung Pudak, Kelua dan Banua Lawas.

Kepala Bagian Administrasi dan Keuangan PDAM Tabalong, Ade Permana mengatakan, kecamatan yang belum masuk daftar penerima hibah tahun 2020 akan di masukkan di tahun 2021. Jika program sudah berjalan, maka PDAM akan menggratiskan hibah air minum perkotaan, bagi masyarakat penerima program.

“jadi berdasarkan pedoman hibah air minum itu sendiri, memang ada di persyaratkan PDAM selaku pengelola kegiatan ini, masih bisa untuk memungut biaya, namun kita sudah sepakat dari pihak managemen bahwa pada saat nanti program sudah berjalan, kita tidak akan memungut biaya satu rupiah pun” kata Ade

Kepala bagian teknik PDAM Tabalong, Slamet Budi Santosa mengatakan, secara teknis desa-desa yang termasuk di 5 kecamatan yang telah diusulkan untuk mendapatkan program hibah air minum perkotaan, telah siap menerima program tersebut.

“secara teknis untuk desa-desa atau kecamatan yang sudah diusulkan, telah siap karena beberapa kecamatan seperti Tanta, Murung Pudak, Tanjung, Kelua dan Banua Lawas itu Idle Capacity  yang merupakan syarat untuk menerima Hibah” kata Slamet

Baca Juga :

Namun untuk mendapatkan program hibah, pemerintah daerah harus menyiapkan beberapa persyaratan, salah satunya seperti Perda Penyertaan Modal Pemerintah Kepada PDAM. Penyampaian kelengkapan persyaratan, dibatasi sampai 25 November 2019. Sedangkan usulan ke Kementerian Keuangan akan di proses pada 2 Desember 2019, untuk tahap pertama.

Sherly Nova Arianti

Tinggalkan Balasan

Next Post

DPRD Dukung PDAM Kejar Program Hibah Air Minum Perkotaan

Jum Nov 1 , 2019
TVTABALONG – Keinginan PDAM Tabalong untuk mendapat program Hibah Air Minum Perkotaan dari Kementerian PUPR, mendapat dukungan penuh oleh DPRD Tabalong, terutama dari Komisi 2. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Komisi 2 DPRD Tabalong, Abdul Muthalib, saat rapat kerja PDAM Tabalong, di ruang rapat Graha Sakata, Selasa (29/10/2019) lalu.   […]